Yayasan Sasana Santi Adakan Acara Khatina Puja

Semarang, Kabarjoglo.com –  Bertempat di Bhaktisala Wihara Sasana Santi Jl.Peterongan Kobong No.24 Semarang, digelar kegiatan acara Puji Bhakti, Dhammadesana oleh Bhikku Siriyutto, Dana Khatina dan Ramah tamah, pada hari Jumat (14/10/22) kemarin.

Dalam ceramahnya Bhikkhu Bhante Siriyutto menyampaikan ” Di kesempatan yang berbahagia ini kita bisa berkumpul walaupun dengan waktu yang ditentukan, sehingga bisa berkumpul dengan kondisi yang dengan sejuk dengan keyakinan umat Buddha berkumpul di wihara Sasana Santi” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di setiap tahun diadakan acara di wihara Sasana Santi masih merayakan Khatina Puja sehingga masih ada umat Buddha.

mengucapkan terima kasih kepada pengurus Wihara Sasana Santi yang sudah mengajukan jadwal Khatina Puja, luar biasa karena Wihara Sasana Santi bisa mengadakan Khatina Puja.Khatina itu permintaan umat dan disetujui sang Buddha.

Bhikku Bhante menambahkan dalam Ceritannya dahulu kala para Bhikkhu ada musim panas,dingin, dulu para Bhikkhu selalu berkeliling bepergian membawakan dharma para Bhikkhu berpuasa di musim penghujan selama 3( tiga) bulan .sang Buddha memiliki beberapa murid dan tidak boleh bersamaan harus sendiri – sendiri.ada 30 Bhikkhu aryanyata ingin ketemu dengan sang Buddha ( seorang yang Agung, Bijaksana) perjalanan 90 km pakaian yang tidak layak diganti dengan jubah yang sangat bagus Khatina Puja adalah hari raya yang spesial tapi di indonesia biasa saja diluar negeri lebih ramai . karena sudah ada sejak zaman sang Buddha.

Dan saat hari raya Khatina Puja ada yang wayang an , merupakan ladang subur bagi umat Buddha,habis puasa 3 bulan.menambah kebajikan umat membersembahkan kebutuhan para Bhikkhu
– jubah para Bhikkhu
– makanan minuman
-obat- obatan

Bhikkhu Bhante Siriyutto ber empat menambahkan saat berdana harus punya pengharapan yang baik tidak merugikan diri sendiri tidak merugikan orang lain.
Dengan kebajikan yang baik berdana harus senang harapan yang baik bahagia sebelum dan sesudahnya karena tujuan utama umat Buddha untuk mencapai kebahagiaan sukses terbebas dari penderitaan sehat selalu.”tutupnya”

Bapak Alwi tegar Wijaya pembina bersama – sama melakukan kebajikan,bisa memperhatikan kesejahteraan para Bhikkhu Bhante, dihari Khatina Puja sangat bahagia, Budha memberkati .

Sementara itu Romo vesaka Murti mengucapkan terima kasih atas kehadiran semuanya , sukses untuk umat Buddha bahagia selalu. (Sukindar/r)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan