Babinsa Kodim Sragen Menerima Sosialisasi Vit HB dan Percepatan penurunan Stunting

Sragen, Kabarjoglo.com –  Ratusan Babinsa Kodim 0725/Sragen menerima Sosialisasi Vitamin HB 500 dan percepatan penurunan Stunting di aula Guyub Rukun Makodim 0725/Sragen. Sosialisasi disampaikan oleh dr.Joko Puryanto, M.Kes dari DP2KBP3A ( Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kab. Sragen. Selasa, 20/12/2022.

Menurut dr. Joko ada hubungan erat antara anemia dan Stunting, Seorang wanita hamil jika kekurangan zat besi atau anemia bisa mempengaruhi pertumbuhan janin, sehingga perlu dicegah dengan makan makanan bergizi diantaranya sayuran, daging, telur, susu dan lain lain serta memberikan vitamin tambahan. Untuk balita yang sudah mengalami stunting harus mendapatkan perawatan lebih, sedangkan yang belum harus dicegah dari awal saat ibu mengandung.

“Dinas kesehatan tidak bisa bekerja sendiri, maka kami juga meminta bantuan kepada Babinsa selaku petugas lapangan untuk selalu bersinergi dengan Bidan Desa diwilayah untuk ikut membantu mempercepat proses penurunan Stunting khususnya di wilayah Kabupaten Sragen” papar dr. Joko.

Dalam sambutannya Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Yoga Yastinanda S.I.P melalui Kepala Staf Kodim Mayor Inf Muayat mengatakan bahwa sengaja mengundang tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten untuk memberikan sosialisasi vitamin HB Vit 500 dan percepatan penurunan Stunting. Kegiatan tersebut didasari oleh Surat Telegram Danrem 074/WRT tentang pelatihan percepatan penurunan Stunting bagi fasilitator (Babinsa).

“Sosialisasi ini penting untuk diketahui oleh semua anggota Kodim Sragen terutama Babinsa selaku petugas lapangan, diharapkan dengan adanya kegiatan ini anggota di lapangan mengetahui peran dan fungsinya sehingga tidak salah dalam mengimplementasikan perintah dari pimpinan” kata Kasdim.

“Oleh karena itu Kodim Sragen bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dan Dinas P2KBP3A Sragen untuk ikut memberikan materi-materi yang dibutuhkan oleh anggota Kodim Sragen khususnya Babinsa sehingga Kodim 0725/Sragen dapat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen secara tepat dan maksimal” pungkas Kasdim.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan