Kodim 0726/Sukoharjo Reboisasi Tanaman Buah Bantu Petani atasi Hama Kera

Sukoharjo – Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riaydi, S.E melaksanakan penghijauan menjawab keluhan warga masyarakat desa Gentan Kecamatan Bulu terkait dengan gangguan dan perusakan lahan pertanian oleh kawanan kera hutan batu seribu dengan melaksanakan gerakan reboisisasi (penghijauan) dengan tanaman buah, Selasa (07/03/23).

Kera merupakan satwa endemik di wilayah kawasan hutan Batu Seribu Kecamatan Bulu, penanaman pohon buah merupakan upaya dan siasat untuk memenuhi kebutuhan makan kawanan kera agar tidak mengganggu tanaman para petani.

Penghijauan dilaksanakan di seputaran Embung Sebo Menggolo, dukuh Pecinan desa Gentan, Kec. Bulu, Kabupaten Sukoharjo dengan melibatkan anggota Kodim 0726/Sukoharjo, Pramuka dari Saka Wira Kartika Kec. Bulu, Polsek Bulu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan kabupaten Sukoharjo, Kades dan Perangkat desa Gentan serta para warga masyarakat desa Gentan.

“Sejak lama keberadaan kawanan kera ekor panjang selalu mengganggu tanaman para petani di desa Gentan, ini cukup merepotkan dan sering menjadi penyebab gagal tumbuh dan gagal panen tanaman padi dan palawija kami, ‘ ungkap Pak Kades gentan.

“Berbagai upaya kami kami lakukan termasuk hari ini berkat bantuan dari bapak-bapak TNI dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan kabupaten Sukoharjo, kami kembali melaksanakan penanaman pohon buah-buahan, selain mengatasi hama kera ekor panjang, dengan adanya vegetasi buah-buahan yang semakin beragam dapat menunjang kawasan Batu seribu ini menjadi obyek wisata yang semakin baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat, ” jelas Pak Kemis Kades Gentan.

“Penanaman bibit buah-buahan ini merupakan upaya kami dalam jangka panjang, diharapkan setelah pohon tumbuh besar, subur dan berbuah, hasilnya dapat mengalihkan kawanan kera untuk tidak menyerang tanaman para petani, dimana populasinya semakin banyak, dengan adanya buah-buahan yang terus berbuah, karena buah yang kita tanam merupakan buah yang beragam sehingga dapat berbuah secara bergantian sepanjang waktu,” ungkap Dandim 0726/Sukoharjo.

Saat ini dilaksanakan penghijauan berupa bibit pohon buah jambu air, jambu mete dan durian, total sejumlah 1500 batang. Diharapkan dapat tumbuh dengan baik sehingga tujuan penghijuan ini dapat tercapai untuk membantu para petani di desa Gentan dalam meghadapi hama dari kawan kera.

Banyak manfaat dari pelaksanaan kegiatan penghijauan ini, selain tujuan spesifik untuk mencegah kawanan kera mengganggu tanaman petani, keberadaan pohon yang rindang dapat menyuplai banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh pohon, sehingga akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

Adanya penghijauan akan memberikan perlindungan karena akar tunjangnya akan melindungi tanah dari longsor, juga membantu penyerapan air hujan sehingga mencegah banjir dan mencegah kekringan sumber air di embung Sebo Menggolo ini mengingat kawasan hutan Batu Seribu ini adalah kawasan perbukitan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan