HARI ANAK NASIONAL 2023 Kolaborasi Dukung Perlindungan Anak

Surakarta, Kabarjoglo.com – Hari Anak Nasional (HAN) diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tahun tepatnya pada tanggal 23 Juli. Tema yang diangkat setiap tahun berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi anak-anak di Indonesia. Di tahun 2023 ini peringatan Hari Anak nasional (HAN) mengangkat tema “Anak Indonesia Bangkit Bergerak, Maju Serentak, Selamanya Berdampak”. Momen hari anak menjadi saatnya refleksi semua orang berkaitan dengan hak-hak anak apakah sudah dijamin pemenuhannya. Sesuai dengan amanah Undang-Undang perlindungan setiap anak dijamin hak-hak mereka mulai dari hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. Kewajiban pemenuhan hak anak ada di pemerintah, tetapi masyarakat,orang tua, dunia usaha dan media memiliki tanggung jawab dalam pemenuhannya. Dalam faktanya masih ditemui anak anak dalam situasi khusus diantaranya anak korban kekerasan, pekerja anak, anak yang putus sekolah, anak disabilitas, anak dengan HIV, anak dengan pengasuhan alternatif dan lainnya. Anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus harus mendapatkan kesempatan yang sama.

Dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2023 ini, kolaborasi untuk suara perlindungan anak dilakukan bersama antara Yayasan KAKAK, Hutama Karya, Dinas Sosial, Forum LKSA dan Forum Anak Surakarta. Kolaborasi ini menjadi penting untuk menegaskan bahwa perlindungan anak adalah tugas bersama. Kegiatan kolaborasi ini dilakukan dengan melakukan aksi bersama kampanye di CFD (Car Free Day) dengan mengusung tema “ Kolaborasi Dukung Perlindungan Anak, “Anak Terlindungi Indonesia Maju, Berani Karena Peduli”. Dalam aksi CFD ini anak dengan berbagai latar belakang akan berkumpul dan menunjukkan potensi serta bakat mereka. Anakanak akan diberikan kesempatan dalam pentas ekspresi bakat, menyuarakan mimpi dan cita cita, mendukung deklarasi bersama bahwa Semua Anak Berpotensi dan memiliki kesempatan yang sama. Aksi yang melibatkan keaktifan 100 anak dengan berbagai latar belakang ini menjadi penanda bahwa semua anak memiliki potensi yang berbeda dan menegaskan bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama.

Bacaan Lainnya

Drs. Agus Santoso, MM Kepala Dinas Sosial Kota Surakarta menyampaikan, “Momentum Peringatan Hari Anak Nasional ke 39 dengan Tema Anak Terlindungi Indonesia Maju yang diselenggarakan kolaborasi antara Forum LKSA Surakarta,Yayasan KAKAK, PT Hutama Karya, Forum Anak Surakarta, Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) Kota Surakarta diharapkan dapat merefleksikan adanya perlindungan anak dari berbagai masalah sosial anak seperti anak korban kekerasan, pekerja anak, anak putus sekolah, anak disabilitas untuk dapat dijamin hak-haknya, mendapatkan kesempatan yang sama dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya serta berekspresi dalam mewujudkan harapan dan cita-cita yang diinginkannya untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Bapak Tjahjo Purnomo, menyampaikan bahwa Hari Anak Nasional merupakan salah satu momentum penting bagi Perusahaan. Melalui kegiatan kolaborasi yang dilakukan bersama Yayasan KAKAK dan Forum Lembaga Kesejahteraan Anak (LKSA) dan lainnya , menjadi salah satu bentuk dukungan dan kepedulian Hutama Karya terhadap masa depan dan generasi penerus bangsa dengan berbagai latar belakang. “Melalui kegiatan Aksi Kampanye Bersama ini, kami memberikan harapan kepada anak anak di wilayah Kota Surakarta untuk dapat menyuarakan dan menyalurkan berbagai ide, gagasan serta seni dan kreativitas yang mereka miliki mengenai pentingnya Perlindungan pada Anak. Melalui kegiatan Aksi Kampanye Bersama ini mereka dapat memberikan gambaran mimpi, harapan dan cita-cita mereka untuk menjadi generasi penerus bangsa yang unggul serta mewujudkan Indonesia Emas di kemudian hari.

Sebagai salah satu NGO yang bergerak dalam bidang perlindungan anak diwakili oleh Direktur Yayasan KAKAK Shoim Sahriyati menegaskan , “aksi kampanye di CFD ini sebagai penegas potret kolaborasi bahwa perlindungan anak merupakan tanggung jawab bersama. Kolaborasi yang melibatkan NGO, Organisasi masyarakat, pemerintah dan Hutama Karya (dunia usaha) serta anak sebagai subyek merupakan praktek baik untuk upaya perlindungan anak. Apresiasi kepada Hutama Karya yang menunjukkan dukungan dalam upaya perlindungan anak dari kekerasan dan eksploitasi seksual, hal yang sama bisa dilakukan oleh dunia usaha untuk memperjuangkan hak anak yang membutuhkan perlindungan khusus.

Aksi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak, sekaligus memberikan platform bagi anak-anak asuh dari Panti Asuhan (PSAA) – LKSA (lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) yang tergabung dalam Forum LKSA Kota Surakarta untuk tampil dan berpartisipasi. Anak asuh yang terlibat sebanyak 100 anak asuh dari 14 PSAA – LKSA di Kota Surakarta dan merupakan bagian penting dari rangkaian kegiatan.Kami berharap melalui kolaborasi di acara Hari Anak Nasional tahun ini dapat menjadi momen bersejarah dan berkesan bagi semua peserta.” ujar Ketua Forum LKSA – PSAA Kota Surakarta
Aspriyanto

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan