HMP STIE “PARIWISATA API” YOGYAKARTA MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA YANG KREATIF DAN BERETIKA MELALUI KEGIATAN PKKKMB & MAKRAB 2023

Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Pariwisata STIE “Pariwisata API” Yogyakarta kembali melaksanakan inovasi kegiatan, yaitu kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB & Malam Keakraban (Makrab)) bagi Mahasiswa baru angkatan 2023 sekaligus kegiatan Up Grading bagi anggota Himpunan Mahasiswa Pariwisata Periode 2023-2024.

Kegiatan PKKMB & Makrab serta Up Grading ini merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Pariwisata (HMP) Periode 2023/2024. Kegiatan PKKMB & Makrab 2023 serta Up Grading HMP STIE “Pariwisata API” Yogyakarta ini diselenggarakan pada tanggal 21-22 Oktober 2023 dengan diikuti oleh sekitar 102 mahasiswa STIEPAR API prodi Manajemen Pariwisata sebagai peserta Up Grading yang berlangsung di destinasi wisata Watu Tapak, Tebing Breksi, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun karakter mahasiswa yang kreatif dan beretika, serta untuk meningkatkan kapasitas seluruh anggota HMP dalam melaksanakan program kerja hingga akhir periode. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari satu malam ini memiliki berbagai rangkaian acara yang berlatar belakang untuk meningkatkan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama mahasiswa dan memahami pemngelolaan pariwisata berkelanjutan.

Kegiatan PKKMB dan Makrab dilaksanakan dalam dua hari satu malam, pada hari pertama kegiatan diawali dengan opening ceremony sekaligus penyematan tanda peserta secara simbolik yang dilakukan oleh Ketua STIE “Pariwisata API” Yogyakarta, Bapak Susilo Budi Winarno, S.H.,M.H. Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi kepada mahasiswa baru, materi yang disampaikan terdiri dari materi Bela Negara dan Bahaya Narkoba, materi Motivasi dan Etika, materi Leadership serta kegiatan Focus Group Disscusion dengan tema utama Sustainable Development Goals yang dapat membentuk kreatifitas mahasiswa dalam mengembangkan pemikiran-pemikiran mereka dan tidak lupa kegiatan malam keakraban yang bertujuan untuk mempererat keakraban dan kreatifitas mahasiswa.

Diskusi dan pengenalan tentang konsep pembangunan berkelanjutan dilakukan dengan mempelajari studi kasus langsung di lapangan yaitu pengelolaan Kawasan wisata Tebing Breksi. Keterlibatan mahasiswa secara langsung di area pengembangan destinasi wisata ini penting agar mahasiswa baru selalu siap dengan aktifitas sinkronisasi antara teori yang di dapat di dalam kelas dengan aplikasi di lapangan.

“Pada kesempatan ini kami menyelenggarakan 3 kegiatan sekaligus yaitu kegiatan PKKMB & Makrab bagi mahasiswa baru angkatan 2023 dan kegiatan Up Grading bagi seluruh anggota dan pengurus HMP Periode 2023-2024. Dimana ketiga kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas, kepedulian serta kekeluargaan antar sesama mahasiswa dan dengan lingkungan”, Ujar Vincent Erly Ketua Himpunan Mahasiswa pariwisata STIEPAR API Jogja.

Pada hari kedua peserta PKKMB dan Makrab diarahkan untuk melakukan kegiatan fisik seperti kegiatan senam pagi dan outbound sebagai penutup acara. Setelah kegiatan hari kedua selesai dilakukan. Dilanjutkan dengan acara closing ceremony yang di dalamnya memuat penyerahan hadiah bagi pemenang lomba pensi dan kelompok terbaik selama acara PKKMB dan Makrab berlangsung. Kegiatan terakhir, ditutup secara simbolis dengan pelepasan tanda peserta PKKMB dan Makrab sebagai tanda mereka resmi menjadi Mahasiswa STIE “Pariwisata API” Yogyakarta angkatan 2023.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan