49 Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Meraih Wisuda Tahfiz Al-Quran

Solo – SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan wisuda tahfizul Quran pada Sabtu (27/4/2024) di Multazam Hotel Solo. Sebanyak 49 siswa mengikuti acara tersebut yang bertema “Mahkota untuk Ayah Bunda”.

Ketua panitia, Widi Kusumajati, S.Pd., menyampaikan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk menumbuhkan cinta Al-Quran serta meningkatkan kegiatan membaca Al-Quran secara rajin di kalangan siswa. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi amal jariyah bagi orang tua siswa. Program tahfiz tidak berhenti di wisuda, melainkan akan berlanjut dengan program juziyah, yakni menghafal Al-Quran sekali duduk sebanyak satu juz.

Bacaan Lainnya

Menurut Widi, proses tahfiz bagi para siswa telah melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai sejak awal tahun dengan fokus pada menghafal Al-Quran. Setiap pagi, mereka mengikuti kelas tahfiz untuk menghafal Al-Quran dan tahfiz camp. Selain itu, terdapat program juziyah dan wisuda tahfiz.

Para wisudawan/ti tahfiz tersebut terbagi dalam berbagai kategori juz, mulai dari juz 30 hingga juz 4. Wisuda tahfiz juz 30 diikuti oleh 2 siswa, juz 29 oleh 29 siswa, juz 28 oleh 8 siswa, juz 27 oleh 1 siswa, dan juz 26 oleh 7 siswa. Terdapat pula 1 siswa yang berhasil menghafal juz 26 dan 27. Selain itu, ada penyerahan penghargaan kepada dua wisudawan terbaik, yaitu Ariobimo Hananto Seno dan Guntur Pandego Abimanyu.

Salah satu orang tua siswa, Ary Yulistiana, mengungkapkan rasa bangganya atas terselenggaranya wisuda tahfiz. Ia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan fasilitas yang diberikan sekolah kepada siswa-siswi.

Ary Yulistiana juga menceritakan bahwa putrinya, Hafizha Addina Aisy Syahri, telah menghafal Al-Quran sejak TK dan tetap konsisten hingga sekarang. Sebagai orang tua, mereka selalu mendoakan dan memberikan dukungan agar putri mereka semangat dan istiqomah dalam menghafal Al-Quran.

Hafizha juga menegaskan motivasinya untuk terus menghafal Al-Quran, menyampaikan kebahagiannya atas partisipasi dalam wisuda tahfiz juz 4, dan berharap dapat membahagiakan kedua orang tuanya.

Selain itu, Almira Syakira Rifda Yokhisuno, siswi yang berhasil menghafal juz 26 dan 27, berbagi pengalaman tentang cara efektif menghafal Al-Quran yang telah dipraktikkannya. Menurutnya, mendengarkan murotal Al-Quran sebelum tidur dan memanfaatkan waktu setelah sholat untuk menghafalkan ayat-ayat Al-Quran adalah cara yang ampuh. Dia juga mengajak untuk konsisten dalam murojaah hafalan Al-Quran.

Pimpinan Majelis Pendidikan PDM Kota Solo, Abdul Hakam Faruq, turut berbahagia atas terselenggaranya acara wisuda tahfizul Quran. Menurutnya, kegiatan ini sangat membanggakan dan ia berharap melalui SMP Muhammadiyah PK, semakin banyak siswa yang mampu meraih prestasi dalam tahfiz Al-Quran, menjadikan sekolah sebagai mercusuar dalam dunia pendidikan yang dapat dijadikan teladan oleh sekolah-sekolah lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan