Prajurit Menarmed 2 Kostrad Gelar Tes Kesegaran Jasmani, Tingkatkan Kesiapan Fisik untuk Tugas.

Malang – Pada Selasa pagi (28/05/2024), seluruh prajurit Menarmed 2 Kostrad melaksanakan tes kesegaran jasmani di asrama Resimen Armed 2/PY/2 Kostrad.

Untuk mengurangi risiko cedera, sebelum tes dimulai, seluruh prajurit wajib menjalani pengecekan tekanan darah dan tes postur yang mencakup tinggi serta berat badan. Pemanasan juga dilakukan untuk meminimalisir cedera atau kram.

Tahap pertama tes kesegaran jasmani adalah lari selama 12 menit dengan rute di sekitar lapangan asrama Menarmed 2 Kostrad. Selanjutnya, prajurit melanjutkan dengan pull-up, sit-up, push-up, shuttle run, dan ditutup dengan tes ketangkasan renang dasar di kolam renang Rampal.

Kegiatan ini adalah program rutin yang dilakukan setiap semester, baik untuk prajurit yang akan menerima kenaikan pangkat maupun yang akan melaksanakan seleksi pendidikan. Tes ini merupakan kegiatan wajib sesuai perintah dari komando atas baik di instansi militer maupun kepolisian.

Komandan Resimen Armed 2/PY/2 Kostrad, Letkol Arm Siswo Budiarto, S.I.P., M.M., M.I.Pol., menjelaskan bahwa tes kesegaran jasmani ini bertujuan untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik prajurit berdasarkan kategori penilaian yang ditetapkan.

“Dengan adanya tes kesegaran jasmani ini, kondisi fisik prajurit dapat terjaga, memungkinkan mereka menjalankan tugas pokok dengan maksimal. Kesehatan mental dan fisik harus kita jaga setiap harinya karena moril yang tinggi juga merupakan faktor penyemangat dalam dinas sehari-hari prajurit,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan