Peringati Hari Anak Nasional, Yayasan KAKAK Kolaborasi dengan DP3AP2KB dan SMPN 18 Surakarta Gelar Acara “Berdayakan Anak Menuju Zero Toleran untuk Kekerasan

Solo – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli, Yayasan Kepedulian untuk Anak (KAKAK) berkolaborasi dengan DP3AP2KB Kota Surakarta, PT Hutama Karya, dan SMPN 18 Surakarta menggelar acara dengan subtema “Berdayakan Anak Menuju Zero Toleran untuk Kekerasan” melalui program Pendidik Sebaya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Selasa, 23 Juli 2024, di SMPN 18 Surakarta.

Intan Hadiyah, S.H, perwakilan Yayasan KAKAK, menyampaikan bahwa acara ini merupakan rangkaian peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di SMPN 18 karena sudah banyak kerjasama yang terjalin dengan sekolah tersebut. Selain itu, lokasi tersebut juga nyaman untuk anak-anak. Tema tahun ini dipilih karena angka kekerasan terhadap anak tidak menunjukkan penurunan, terutama di kalangan anak-anak SMP. Dari data tahun 2023, kasus kekerasan yang ditangani Yayasan KAKAK terbanyak melibatkan anak-anak usia SMP, sehingga penting untuk melakukan pencegahan di tingkat tersebut.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini terdiri dari beberapa pos edukasi:
1. Pos 1: Mengenal hak-hak dasar anak.
2. Pos 2: Pengenalan tentang jenis-jenis kekerasan.
3. Pos 3: Bentuk-bentuk kekerasan yang dekat dengan anak-anak.
4. Pos 4:Program 2P (Pelopor dan Pelapor), mengajarkan anak-anak bagaimana menjadi pelopor dan pelapor kekerasan.

Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah anak-anak berani menyuarakan tentang stop kekerasan dan mengetahui tindakan yang harus diambil jika mereka atau orang di sekitar mereka mengalami kekerasan.

Menurut data Yayasan KAKAK, pada tahun 2023 terdapat 59 kasus kekerasan anak yang ditangani, dan dari Januari hingga sekarang sudah ada 17 kasus. Mayoritas kekerasan terjadi di rumah, sehingga diperlukan penguatan di lingkungan keluarga dan sekolah. Bentuk kekerasan yang paling sering terjadi adalah kekerasan seksual, baik verbal maupun fisik.

Lebih lanjut Hamid, Waka Kesiswaan SMPN 18 Surakarta, menyampaikan tanggapan positifnya terhadap kegiatan ini. “Saya rasa kegiatan ini cukup bagus dan meriah. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut. Saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan KAKAK yang sudah memfasilitasi kegiatan ini. Selamat Hari Anak Nasional,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan