Raker Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kota Bengawan Dorong Penguatan Dakwah Kultural hingga Pengoptimalan Media Digital

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kota Bengawan menggelar rapat kerja (Raker) di Kemuning Resort Sabtu-Ahad 13 -14 Juli 2024.

Raker tersebut membahas rencana program kerja selama satu periode mendatang.

Dengan mengusung _tagline_ , _*”Muda Migunani*_ Sejumlah program dipaparkan oleh masing-masing bidang. Mulai dari Bidang Dakwah, Organisasi, Pengkaderan, IT hingga Bidang Hukum Hikmah dan Kebijakan Publik.

Dengan semangat _*Muda*_ yang senantiasa hatinya terpaut dengan Masjid, serta Karakter _*Migunani*_ yang menjadi corak dengan menjadi insan yang berguna bagi sesama,

poin demi poin program bidang yg dipaparkan saling menguatkan perannya satu sama lain.

Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Kota Bengawan pada periode ini mengerucutkan semangatnya dalam menguatkan dakwah di ranah kultural nya dengan mengkolaborasikannya melalui pengoptimalan media digital.

Sasaran garap kali ini bukan hanya menyasar sektor kajian keislaman saja. Melainkan sektor kewirausahaan, kesenian, hingga internal keorganisasianpun juga digarap dengan sentuhan Media Digital dengan ranah dakwah kultural.

Dari bidang IT misalnya, salah satu programnya adalah Kreatif Digital. Yaitu membuat website data base anggota (diambil dari data bidang organisasi) dengan variasi konten website berisi macam berita maupun info2 kegiatan pimpinan cabang pemuda Muhammadiyah kota Bengawan. Ungkap ketua bid IT Hamdan

➡ bidang ekonomi

Juga akan menciptakan project atau rintisan bisnis baru yang bisa dikelola oleh teman2 PCPM Kota Bengawan.” kata Ketua Bidang Ekonomi Kewirausahaan (Ekwir) Sugeng Widodo

Sejalan dengan itu, Bidang Kaderisasi dan Dakwah juga turut memanfaatkan pengoptimalan bidang IT dengan media digital nya untuk menguatkan syiar di kalangan pemuda dari mulai lingkup internal dengan mencetak korp mubaligh2 muda hingga lingkup eksternal dengan bermitra pihak – pikak luar memunculkan kader2 baru. Program – program PCPM Kota Bengawan nantinya akan dikolaborasikan secara keseluruhan sehingga hasil yang capai lebih maksimal.

Sedangkan dari Bidang Hukum dan Kebijakan Publik tidak kalah andil dengan memaparkan program kerjanya yaitu Penyuluhan Hukum Perdata dan Pidana salah satunya yg marak terjadi di tengah masyarakat yaitu Judi Online dan Pinjaman Online. Pungkas bayu ( bid hukum dan kebijakan publik PCPM kota Bengawan)

Ketua PCPM Kota Bengawan Candra Cahyadi dengan semangat _*Muda Migunani*_ meminta kepada para anggotanya untuk fokus merealisasikan program kerjanya agar kebermanfaatan program sesegera mungkin dirasakan oleh anggota Pemuda Muhammadiyah hingga warga masyarakat yang ada di Cabang Kota Bengawan.

Menurutnya, sebagaimana rekomendasi Musycab terakhir, Pemuda Muhammadiyah perlu mempertegas jati dirinya sebagai gerakan Pemuda Islam yang mampu membawa pencerahan peradaban dan mampu Berdakwah di ranah kultural dengan berbasis pengoptimalan fungsi Mesjid dan masyarakat di wilayah Cabang Kota Bengawan.

Salah satunya melalui aktivitas-aktivitas sosial keagamaan yang berorientasi pada terciptanya Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“Termasuk pemanfaatan IT sebagai media dakwah Pemuda Muhammadiyah dan membangun kemandirian ekonomi organisasi,” pungkasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan