“Gebyok Kali” di Festival Pituturan Kendal, Berikan Nuansa Pesisir dan Inklusivitas

Kendal – Festival Pituturan Kendal putaran ke-5, telah sampah di Kecamatan Kota Kendal. Festival ini diselenggarakan di dua tempat, yaitu Rumah Mbah Wali Hadi dan Perpusda Kendal. Dengan mengusung tema “Gebyok Kali”, pada putaran ini ingin membawa isu pesisir dan inklusivitas melalui berbagai kegiatan yang dimunculkan.

Seperti pada sabtu sore di Rumah Mbah Wali Hadi, terdapat Diskusi Budaya Pesisir dan Sungai Kendal. Diskusi ini diisi oleh dua narasumber berpengalaman, yakni Budayawan, Paox Iben Mudhaffar dan Seniman, Gembong Sapto Nugroho. Dalam komentarnya, Paox Iben mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi ajang untuk kembali memikirkan tentang masa depan peradaban dan upaya menghidupkannya, khususnya pesisir. Hal ini senada dengan, Gembong Sapto Nugroho bahwa harapannya melalui forum ini dapat memunculkan pemikiran baru dan menjadi solusi akan berbagai permasalahan kebudayaan hari ini.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan seperti Musik Keroncong dari SMAN 2 Kendal, Dalang Cilik oleh Diwan Galih Bicram, Drama Musikal kolaborasi Teater Atmosfer dan Teater Tujuh, serta Ketoprak Babad Kalibuntu oleh Pak Gembong Lan Anak Putu. Selain pertunjukan, terdapat juga Workshop Kreati Kreasi Tie-Dye oleh Kendal Berkain bersama Nourdoa Sam dan “Pameran Lukisan Inklusif” yang diselenggarakan di Perpustakaan Daerah Kendal.

Krismawanti, Perwakilan Panitia Festival Pituturan dalam sambutannya berharap dengan tema “Gebyok Kali” dapat semakin mengapresiasi kearifan lokal dan semangat inklusivitas melalui berbagai kegiatan yang ditampilkan. “Pada di titik Kendal ini, kami ingin memberikan pesan melalui berbagai diskusi dan pertunjukan kepada seluruh masyarakat, bahwa dengan memaksimalkan potensi yang ada, seperti dalam gebyok kali yang mencari ikan saat musim kemarau. Kita dapat terus berkarya dan melawan batas-batas yang ada” ucapnya.

Kegiatan ini rupanya mendapat apresiasi dari berbagai pihak yang hadir, mulai dari masyarakat sekitar lokasi kegiatan hingga berbagai dinas terkait, seperti Dinarpus Kendal dan Disdikbud Kendal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan