Semar Night Festival: Menutup Rangkaian PKKMB UNS 2024 dengan mengusung Eksplorasi Budaya Indonesia dan Perubahan

Surakarta – “Semar Night Festival” menjadi tanda ditutupnya serangkaian kegiatan PKKMB UNS 2024. Hadir dengan nuansa baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan dipersiapkan sebagai malam apreasiasi bagi mahasiswa baru. Acara yang mengusung tema “Exploring Indonesia’s Culture: Unity in Diversity, Driving Change” dirancang untuk mengenalkan berbagai Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) dan UKM yang ada di Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diharapkan dapat menumbuhkan minat bagi para Mahasiswa Baru (24 Agustus 2024).

Semar Night Festival diadakan di area terbuka, tepatnya di Lapangan Rektorat Universitas Sebelas Maret, yang telah disulap menjadi panggung festival. Festival ini menyajikan beberapa pertunjukan, mulai dari Parade Expo Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), jingle dan flashmob PKKMB UNS 2024, penampilan dari petinggi Universitas Sebelas Maret, sesi pemaparan dan pertunjukan dari beberapa sponsor PKKMB UNS, seperti Pegadaian Tabungan Emas dan Band Bank Jateng, awarding mahasiswa baru, hingga diakhiri dengan penampilan puncak dari kedua Guest Star yang tentunya disambut meriah oleh para peserta. “Semar Night Festival menjadi wadah yang sekiranya dari kemarin selasa sampai tadi pagi melaksanakan serangkaian kegiatan ospek, di malam ini kita hadirkan guest star spesial yang pastinya bisa menghibur teman-teman semua,” jelas Faiz dalam sambutannya sebagai Ketua Pelaksana Semar Night Festival.

Pentingnya tema ini juga tercermin dalam upaya untuk mendorong perubahan positif. Semar Night Festival tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk merayakan penutupan PKKMB UNS 2024, tetapi juga sebagai sarana untuk mendorong mahasiswa baru untuk aktif dalam menjaga dan mempromosikan keberagaman ORMAWA dan UKM di Universitas Sebelas Maret. “Kami menganggap kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seperti itu bisa meningkatkan softskill bagi kalian semua,” ujar Prof. Dr. Hartono, dr., M.Si. dalam sambutannya sebagai Rektor UNS. Dengan demikian, mahasiswa baru dapat meningkatkan softskill-nya melalui keikutsertaan mereka dalam ORMAWA dan/atau UKM yang ada di UNS.

Festival yang diadakan untuk menutup serangkaian acara tahunan yang dikhususkan untuk Mahasiswa Baru ini mendapatkan sambutan hangat dari para peserta dan pengunjung. Terlihat dari antusias yang menggebu-gebu dari Mahasiswa Baru dan pengunjung lain di sepanjang acara. Gelak tawa dan sorak sorai peserta ikut menyanyi bersama saat penampilan musik terdengar terutama saat sesi Guest Star yang mana adalah Woro Widowati dan Lyla Band. Atmosfer yang hidup ini menegaskan betapa besarnya apresiasi dan minat peserta serta kegembiraan saat mengikuti kegiatan ini, menjadikan Semar Night Festival sebagai pengalaman kebersamaan yang tak terlupakan di antara semua peserta.

Semar Night Festival berhasil menutup PKKMB UNS 2024 dengan meriah serta memberikan pesan kuat tentang pentingnya merayakan keberagaman yang ada. Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga sebagai titik awal untuk mahasiswa baru dalam memulai perjalanan mereka di dunia akademik dengan semangat kebersamaan dan kesadaran budaya yang mendalam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan