PKKMB UNIBA 2024: Sambutan Hangat untuk Mahasiswa Baru.

Solo – Universitas Islam Batik Surakarta secara resmi memulai kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru atau yang sering dikenal dengan istilah PKKMB tahun akademik 2024/2025. Acara ini dimulai dengan upacara dan simbolis penyematan tanda penerimaan mahasiswa baru Rektor UNIBA Surakarta, Dr. Amir Junaidi, S.H., M.H., sebagai tanda bahwa mereka resmi menjadi bagian dari keluarga besar civitas academica UNIBA Surakarta. Upacara pelantikan mahasiswa baru ini juga dihadiri oleh jajaran Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik, Wakil Rektor I, II, III Universitas Islam Batik Surakarta, Anggota Senat UNIBA Surakarta, para dosen dan staff UNIBA Surakarta. Tujuan dilakukannya kegiatan PKKMB ini adalah untuk memberikan pembekalan juga memperkenalkan kehidupan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi serta aturan dan regulasi kampus kepada mahasiswa baru sekaligus membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus.

Dalam sambutannya, Rektor UNIBA Surakarta menyampaikan Visi, Misi dan kebijakan UNIBA. Dalam paparannya, Rektor berpesan, Semua adik-adik mahasiswa baru harap mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB ini dengan tertib, mohon segala materi yang disampaikan nantinya disimak, dipahami, dihayati dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan kampus dari awal masuk hingga lulus nanti. Guyub, Rukun, Manunggal yang Islami dengan falsafah bekerja bersama-sama saling Asah, Asih, Asuh menjadikan UNIBA sebagai rumah yang indah dan menyenangkan.
Pemaparan materi yang selanjutnya disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Ariy Khaerudin, S.H., M.H., yang menyampaikan sistem akademik di UNIBA Surakarta. Adik-adik akan diperkenalkan dengan kebijakan dari Kemendikbudristek salah satunya seperti kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, yang artinya memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama satu semester dan berkegiatan di luar kampus selama dua semester. Perguruan tinggi diberikan kebebasan untuk menyediakan kegiatan kampus merdeka sesuai kebutuhan dan minat mahasiswa, misalnya magang bersertifikat, studi independen, pertukaran mahasiswa, KKN dan masih banyak lagi. Materi selanjutnya tentang sistem administrasi keuangan, disampaikan oleh Wakil Rektor II, Dr. Kartika Hendra Titisari, SE, M.Si., Akt., C,A.,CSRS., CSRA. Materi terkait kemahasiswaan disampaikan oleh Wakil Rektor III, Dr. Ida Aryati Dyah Purnomo Wulan, S.E., M.H., M.Si. Selain materi tentang pengenalan UNIBA, mahasiswa dibekali dengan materi Bela Negara yang disampaikan oleh Dr. Matnuri, S.H.,
Rangkaian kegiatan PKKMB dilanjutkan dengan pengenalan Fakultas, Pengenalan pejabat Fakultas, Dosen, Karyawan, dan pembagian jadwal serta pembimbing akademik.
Melalui PKKMB ini mahasiswa diharapkan mampu menyesuaikan diri dalam tahapan baru proses pembelajaran. Mahasiswa diharapkan siap dan dapat beradaptasi dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi untuk menjadi generasi unggul yang bangkit dengan inovasi, sinergi menggapai prestasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan