ANTISIPASI KEBAKARAN, FAVEHOTEL SOLO GELAR PELATIHAN FIRE DRILL EVACUATION

Surakarta – Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan keselamatan dan kesiapsiagaan, favehotel Solo(Manahan Solo dan Solo Baru) melaksanakan pelatihan fire drill evacuatin yang diadakan setiap enam bulan sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman menyeluruh kepada seluruh karyawan mengenai penanganan bencana kebakaran.

Pelatihan fire drill evacuation kali ini dilaksanakan pada hari Senin, 9 September 2024 di favehotel Solo Baru dan hari Selasa, 10 september 2024 di favehotel Manahan Solo
Untuk pelatihan diawali dengan sesi teori yang dipandu langsung oleh Dimas Panji Saputro – Assistant Chief Engineer. Sesi teori ini memberikan wawasan secara mendalam mengenai prosedur dan teknik dalam penanganan kebakaran yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
Setelah sesi teori, peserta akan mengikuti latihan praktis fire drill. Latihan ini dirancang untuk meniru kondisi nyata dengan simulasi munculnya kabut asap dari salah satu kamar. Dalam praktek ini, peserta akan mempraktikkan prosedur pemadaman kebakaran yang sesuai dengan SOP yang mencakup: evakuasi cepat dimana prosedur evakuasi untuk memastikan setiap tamu dan karyawan dapat meninggalkan area dengan aman dan cepat, penggunaan Alat Pemadam Kebakaran yaitu teknik yang benar dalam menggunakan alat pemadam kebakaran yang tersedia di hotel, komunikasi darurat yaitu cara berkomunikasi secara efektif selama situasi darurat untuk mengkoordinasikan respon dan memastikan keselamatan, selanjutnya adalah penanganan asap yaitu tindakan yang harus diambil ketika menghadapi kabut asap untuk mengurangi resiko dan memastikan jalur evakuasi tetap aman.

Khuswatus Solikhin – Hotel Manager favehotel Solo, menyatakan, “Pelatihan fire drill evacuation ini adalah bagian krusial dari komitmen kami terhadap keselamatan dan kesiapsiagaan. Kami ingin memastikan bahwa setiap karyawan tidak hanya memahami teori tetapi juga siap menghadapi situasi nyata dengan keterampilan dan pengetahuan yang tepat. Dengan pelatihan ini, kami berharap dapat meningkatkan respons kami terhadap situasi darurat dan memastikan bahwa setiap aspek dari prosedur pemadaman kebakaran dilakukan dengan standar tertinggi.”

Pelatihan fire drill evacuation ini mencerminkan dedikasi favehotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru) dalam menjaga lingkungan yang aman dan responsif terhadap bencana. Dengan pelaksanaan yang rutin, favehotel Solo terus berkomitmen untuk memberikan perlindungan terbaik kepada tamu dan karyawan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan