Program Karya Bakti Daerah Tahap V, VI, dan VII di Wilayah Kodim 0735/Surakarta Sukses Ditutup

Surakarta– Penutupan Program Karya Bakti Daerah (KBD) Tahap V, VI, dan VII di wilayah Kota Surakarta resmi dilakukan pada Rabu (18/09/2024) di Pendopo Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres. Program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta bekerja sama dengan Kodim 0735/Surakarta ini mengusung tema “Karya Bakti Daerah Mewujudkan Kota Surakarta yang Maju dan Mandiri.”

Tiga lokasi yang menjadi sasaran utama program KBD adalah Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan untuk tahap V, Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres untuk tahap VI, dan Kelurahan Kemlayan, Kecamatan Serengan untuk tahap VII.

Acara penutupan dihadiri oleh Walikota Surakarta, Drs. Teguh Prakoso, Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi, S.I.K., M.H., M.Si., Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Eko Hardianto, S.H., M.I.P., serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Eko Hardianto menyampaikan bahwa program KBD merupakan kegiatan lintas sektoral yang bertujuan untuk merespon kebutuhan masyarakat, khususnya di wilayah pinggiran yang memerlukan perhatian. “Program ini dirancang dengan pendekatan dari bawah ke atas (bottom-up), melalui survei yang melibatkan Kodim 0735/Surakarta, Pemerintah Kota, serta instansi terkait,” ujar Dandim.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga hasil pembangunan yang telah dilakukan melalui program KBD. “Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan merawat apa yang telah dibangun, sehingga bisa bermanfaat bagi semua.”

Program KBD Tahap V di Kelurahan Jajar melibatkan perbaikan saluran air sepanjang 108,3 meter menggunakan U-ditch dan normalisasi saluran sepanjang 53,7 meter. Di Kelurahan Jagalan, Tahap VI meliputi perbaikan saluran air sepanjang 144 meter menggunakan U-ditch. Sementara di Kelurahan Kemlayan, Tahap VII mencakup perbaikan saluran air sepanjang 159 meter.

Selain sasaran fisik, program ini juga mencakup kegiatan non-fisik seperti penyuluhan wawasan kebangsaan, bela negara, ideologi Pancasila, pencegahan narkoba, stunting, mitigasi banjir, administrasi kependudukan, serta pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu di sekitar lokasi KBD.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan