Hari ini : Senin, 30 November 2020 10:56

Inilah , 7 Trend Bisnis Menjanjikan Di Tahun 2018

Apakah berbisnis menjadi salah satu resolusi Anda di tahun 2018?

Memang, peluang bisnis masa kini memiliki prospek yang cukup menjanjikan, terlebih melihat perkembangan teknologi yang semakin signifikan. Namun, tren bisnis layaknya musim buah-buahan yang cepat berubah tiap tahunnya. Anda harus mampu memprediksi bisnis apa yang akan booming di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Setiap tahun selalu hadir pendatang baru di dunia bisnis dengan beragam inovasi dan kreativitas yang mereka ciptakan guna unggul dalam persaingan. Alhasil, Anda pun harus semakin jeli mencari-cari celah untuk menawarkan keunggulan bisnis Anda.

Bagi pemula, sudah pasti banyak keraguan untuk menghadang saat akan mulai bisnis. Misal saat memilih dan menentukan lahan bisnis yang potensial, permodalan, relasi, hingga pengalaman yang belum cukup.  (Perihal pengadaan modal, silakan klik artikel Danaxtra sebelumnya).

Untuk Anda  yang sedang melakukan penjajakan, berikut list tren bisnis 2018 yang diperkirakan potensial dan akan semakin berkembang.  Kebanyakan yang memberikan peluang memang berbasis  teknologi internet. Maklum saja, internet sekarang sudah  hampir menjadi kebutuhan primer, terutama untuk masyarakat perkotaan.

Bisnis Online

Diprediksi, bisnis online akan menjadi tren bisnis 2018 yang sangat potensial, sebab saat ini teknologi internet semakin maju dan sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat kota. Bahkan, internet sudah menjadi media penyebaran informasi yang lebih cepat dan dominan dibandingkan media cetak ataupun elektronik.

Menurut data statitia.com, pada tahun 2019, transaksi peluang bisnis E-Commerce masih tetap mengalami peningkatan hingga mencapai Rp130 triliun!

Yang menguntungkan, bisnis digital kadang tidak butuh modal besar (coba simak : alternatif modal usaha, dari cara konvensional hingga online). Yang penting sediakan fasilitas online seperti smartphone, laptop atau personal computer (PC), serta koneksi internet.

Bisnis online juga dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet. Mudah dan menyenangkan.

Merujuk kesuksesan karya anak bangsa, situs marketplace bukalapak.com merupakan contoh bisnis online dengan omset mencapai miliaran rupiah per bulan.

Jika Anda tertarik, jangan buru-buru membuat situs webline dullu. Cobalah mulai dengan bisnis dropship, trade situs forum atau buka akun dan berjualan di situr marketplace dulu.

Affiliate Marketing

Masih berkaitan dengan internet, affiliate marketing diprediksi akan menjad tren bisnis 2018 lho. Meskipun bisnis affiliasi ini belum begitu populer di Indonesia, namun sudah banyak blogger yang menikmati penghasilan dari bisnis internet ini. Trend bisnis 2018

Bagaimana menjalankan bisnis ini? Anda hanya perlu mempromosikan produk yang dijual orang lain untuk mendapatkan komisi dengan sistem affiliasi.

Jadi misalnya Anda seorang blogger yang memiliki pengikut ribuan orang, Anda bisa memasang banner affiliate pada artikel di blog. Dari situ, Anda bisa mendapatkan komisi saat pengunjung blog meng-klik banner tersebut atau terjadi transaksi.

Ada beberapa jenis bisnis affiliasi yang umum dilakukan internet marketer. Sebutlah beberapa nama seperti affiliasi Amazon, affiliasi Lazada, dan Cost per Action alias CPA.

Affiliasi Amazon merupakan salah satu yang paling terkenal dan berpotensi besar menghasilkan keuntungan jika Anda mempunyai web berbahasa inggris dan mampu membuat ulasan produk yang dijual Amazon.

Untuk affiliasi Lazada, memang jangkauan pasarnya masih terbatas untuk pengunjung web Indonesia dan peluang penghasilannya tidak sefantastis dari Amazon, Clickbank, dan lain-lain. Yang lebih menggiurkan adalah affiliasi CPA karena biasanya pihak pengiklan berani membayar sangat mahal untuk satu action yang berhasil Anda pasarkan.

Youtuber Masih Sexi

Lagi-lagi bisnis berbasis internet masih menjadi primadona. Salah satu tren bisnis 2018 ini sangat menjanjikan melihat banyaknya youtuber yang sukses menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tidak hanya menghasilkan uang, nyatanya justru banyak youtuber yang menjadi artis karena video-video kreatif yang diunggahnya ke situs YouTube.

Jika Anda hobby membuat video kreatif terlebih yang bergaya edukatif, bisnis ini sangat tepat untuk Anda.

Lalu, dari mana dan bagaimana memperoleh penghasilan? Youtuber berpenghasilan jutaan per bulan biasanya memiliki konten video yang menarik sehingga memiliki kunjungan yang banyak. Dengan begitu, iklan pun berdatangan.

Yang penting, Anda harus mampu menciptakan video dengan konsep menarik. Misalnya video tutorial, video edukasi, video film pendek, dan lain-lain.

Bisnis Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki passion dan hobi di bidang desain, mengapa tidak memanfaatkannya menjadi ladang bisnis?

Bisnis ini terbilang menjanjikan sebab banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat iklan dan promosi yang akan ditujukkan kepada calon konsumen.

Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang banyak, cukup bermodalkan kemampuan, laptop atau PC serta peralatan pendukung lainnya. Setelah itu, carilah perusahaan atau klien yang membutuhkan jasa Anda. Sangat menantanga bukan?

Digital Agency

Digital agency ialah sebuah kelompok usaha atau bisnis yang menawarkan jasa untuk promosi atau beriklan dengan cara memanfaatkan media internet dan  memanfaatkan fitur media sosial. Oleh karena itu, digital agency sangat dicari para perusahaan online untuk membantu mempromosikan produk mereka agar dikenal secara lebih luas.

Food Truck

Peluang bisnis makanan memang tidak akan pernah surut. Masalahnya, banyaknya pemain di sektor ini akan menuntut Anda untuk terus menerus melakukan inovasi-inovasi baru.

Salah satu bentuk inovasi bisnis makanan yang sekarang mulai ngetren adalah menjual makanan dengan kendaraan atau truck. Gaya berjualan casual ini diperkirakan akan semakin populer di tahun 2018.

Di luar negeri, model bisnis food truck sudah populer terlebih dahulu. di Indonesia, trennya mulai berjangkit beberapa tahun belakangan.

Jika Anda suka kuliner, tidak ada salahnya untuk merintis bisnis food truck ini. Hanya saja  ada hal yang harus selalu diingat dalam bisnis kuliner. Tren makanan berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, Anda juga harus siap untuk terus menerus melakukan inovasi produk ataupun konsep marketing.

Bagaimana caranya? Anda bisa berkreasi lewat nama, rasa, bentuk, maupun jenis paduannya. Jangan lupa untuk melakukan branding  yang intensif.

Aksesoris Handphone

Tingginya penggunaan handphone dan internet membuka peluang bagi Anda untuk berbisnis aksesoris handphone. Seperti phone case, earphone, power bank, dan sebagainya.

Meskipun terbilang sudah banyak toko yang menjual aksesoris handphone, namun bukan berarti bisnis ini mati. Selama manusia masih sangat tergantung pada alat telekomunikasi ponsel, kebutuhan terhadap pernak-perniknya tidak akan pernah surut.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah berinovasi dan menciptakan suatu produk yang unik dan menarik. Anda bisa menerapkan prinsip ATM alias Amati, Tiru, dan Modifikasi. Anda bisa berinovasi melalui warna, model, ragam jenis, dan lain-lain.

Tapi, jangan lupa untuk menentukan pangsa pasar yang akan Anda pilih, apakah segmentasi kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Itu dia 7 prediksi tren bisnis 2018 yang bisa Anda pertimbangkan. Siap merealisasikan resolusi berbisnis di tahun ini?

 

Sumber : danaxtradotcom

Close
Close

SPONSOR