Danramil 03/Serengan Kodim Solo Menghadiri Pencanangan Kampung KB

Solo,Kabarjoglo.com –  Pemerintah dalam berbagai kesempatan se|a|u menekankan pentingnya Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), utamanya pengendalian jumlah penduduk menjadi sangat penting di tinjau dari berbagai sudut pandang. Dari sisi kesejahteraan rakyat, pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak akan memberikan dampak positif  yang berarti jika pertumbuhan penduduk juga tidak terkendali, hanya akan seperti ja|an ditempat saja bahkan mungkin mengalami kemunduran.

Sehubungan dengan pengendalian penduduk tersebut maka pada hari Rabu Tanggal 21 November 2018 pukul 08.00 Danramil 03 Serengan Kodim 0735 Surakarta di Dampingi oleh Babinsa Sertu Aris menghadiri acara pencanangan Kampung KB ( keluarga berencana) oleh wawali Kota Surakarta Bpk. A. Purnomo. Apt. Bertempat di RW 6 kel. Serengan Kec. Serengan.
Sambutan tertulis Wali Kota Surakarta yang di bacakan oleh Wawali Kota Surakarta Bpk. A. Purnomo Apt. menyampaikan bahwa jumlah penduduk yang besar akan banyak menimbulkan masalah  dari sisi permasalahan sosial, kesehatan dan pendidikan, jumIah penduduk yang besar akan menimbulkan permasalahan, mulai dari pemukiman, lapangan kerja, keamanan, gizi buruk, dan berbagai masalah lain yang bersumber pada jumlah penduduk yang terlalu besar.
Dan untuk pengendalian terhadap jumlah penduduk yang terlalu besar maka pemerintah selalu berusaha  untuk menekan jumlah penduduk, dan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan Program KKBPK secara utuh dan terintegrasi. yang dikelola dan dlselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat di tingkat desa/dusun dalam upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas.
Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif di tingkat lini lapangan baik Kelurahan, tingkat RW sampai dengan RT. Yang konsepnya memadukan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain |ain. Kampung KB ini didesain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan program KB, dan Pemerintah hanya menstimuiasi dan melakukan pendampingan, selebihnya menjadi tanggung jawab masyarakat. Disinilah partisipasi berbagai instansi dalam kampung KB sangat penting sehinngga pelayanan paripurna dapat dirasakan langsung oleh masyarakat menuju kesejahteraan rakyat.
Semetara itu ketua pokja kampung KB Bpk. Masto menyampaikan bahwa keberadaan Kampung KB diharapkan dapat memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan keluarga sejahtera yang berkualitas. lntinya  dalam Kampung KB adalah untuk memberikan akses pelayanan  kepada keluarga masyarakat dalam hal informasi kependudukan, Iayanan KB dan pembinaan, serta fasilitasi kepada kelompok- kelompok kegiatan seperti BKB, BKR, BKL dan UPPKS serta Pusat Informasi dan Konseling (PIK).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan