Demi Kelancaran Kirab Budaya, Danramil 05/Pasar Kliwon Pimpin Pengamanan Jalannya Kirab

Solo,Kabarjoglo.com – Selasa tanggal 20 November 2018 Pukul 10.00 WIB s/d selesai Kapten CBA Kurdi Komandan Koramil 05 Pasar kliwon Kodim 0735 Surakarta beserta 20 Personel dari Jajaran Kodim 0735 Surakarta telah melaksanakan Pengamanan ‘KIRAB GUNUNGAN’ dalam rangka Mangayubagya Hajad dalem Grebeg Mulud BE 1952 “SISKS PAKOE BOEWONO XIII”di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Keraton Surakarta  memiliki tradisi unik setiap tahun dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad, yaitu Sebuah Kirab Garebeg dengan iring-iringan Gunungan Mulud yang berisikan hasil bumi.tradisi Garebeg Mulud tahun BE 1952 (tahun Masehi 2018) kali ini menghadirkan empat buah gunungan yaitu dua Gunungan Guntur Madu dan dua Gunungan Guntur Sari.
Acara ini digelar sebagai bentuk perayaan memperingati hari  kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Gunungan merupakan kelengkapan utama dalam rangkaian upacara Garebeg sebagai ungkapan rasa syukur SISKS. PAKOE BOEWONO XIII untuk diberikan kepada rakyatnya seperti apa yang di sampaikan oleh GRAy Koes Sapardiyah( sebagai pengageng Sasono Wilopo) dan KGPH Drs.Dipo Kusumo Msi
Sebagai Penanggung Jawab penyelenggara acara tersebut.
Tradisi Garebeg mulud kali ini di Pimpin langsung oleh Raja Surakarta yaitu SISKS. PAKOE BOEWONO XIII beserta Permaisuri.
Kirab Gunungan di mulai dari Depan Kamandungan menuju ke Masjid Agung Keraton Surakarta dengan melewati Sitihinggil,Pagelaran dan alun-alun utara.
Setelah iring – iringan  kirab sampai di masjid Agung kemudian di serahterimakan kepada Ulama Masjid Agung untuk di Doakan bersama, kemudian setelah di doakan gunungan tersebut mulai di perebutkan oleh masyarakat.
Kirab berjalan dengan tertib aman dn lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan