Guna Mewujudkan Kamtibmas Diwilayah,Danramil Pimpin Apel 3 Pilar

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Guna memperkokoh dan menjaga kamtibmas diwilayah Kecamatan Girimarto,jajaran Forkopimcam Girimato menggelar apel “Tiga Pilar” bertindak selaku pengambil apel Komandan Koramil 18/Girimarto Kodim 0728/Wonogiri Kpt Cba Suparna, bertempat di halaman Pendopo Kecamatan, Rabu(13/2).

Pelaksanaan apel guna menindaklanjuti komitmen Ketiga pimpinan instansi diwilayah Kecamatan Girimarto dan meningkatkan peran TNI dan Kepolisian yang bertugas di setiap Desa di Kecamatan Girimarto.

Danramil 18/Girimarto Kpt Cba Suparna, menyampaikan, tugas pokok dan fungsi Babinsa diatur dalam Undang-Undang(UU) Nomor 34 tahun 2004 pasal 7 ayat 2 huruf b tentang Operasi Militer Selain Perang dan Surat Keputusan (Skep) Kasad Nomor : Skep/98/V/2007 tanggal 16 Mei 2007 tentang Babinsa sebagai unsur pelaksana Koramil bertugas melaksanakan bimbingan Teritorial (Binter).

“Babinsa memiliki tugas melatih satuan perlawanan rakyat, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam kerangka Kebhinekaan. Babinsa harus dapat memberikan penyuluhan pembangunan masyarakat di bidang pertahananan dan keamanan negara, “ungkapnya.

Untuk itu, kata Danramil, untuk mensinergikan peran ketiga pilar tersebut harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama-sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan.

“Tidak hanya itu, ketiga unsur pilar ini juga dapat membangun kemitraan, berpartisipasi dan pro aktif dengan kegiatan masyarakat. Ini dilakukan sekaligus untuk melakukan pendeteksian dan pencegahan dini terhadap bahaya terorisme di wilyahnya,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suparmo selaku Camat Girimarto menjelaskan,“Forum ini, sepakat akan aktif dalam setiap kegiatan yang ada di masyarakat dan diharapkan persoalan yang ada di tengah masyarakat melalui tugas forum ini nantinya yang menyelesaikan permasalan, “kata Suparmo.

Sementara itu Kapolsek Girimarto Akp Sutrisna mengatakan, forum tiga pilar, kata dia, memiliki sejumlah tugas pokok sebagai ujung tombak dalam melaksanakan deteksi dini dan pencegahan dini. Juga dilakukan pemetaan kerawanan potensi konflik di setiap wilayah.

“Tujuan apel forum tiga pilar guna memperkuat solidaritas antara aparatur pemerintahan dengan Polri dan TNI dalam membangun kebersamaan, dengan terus melakukan komunikasi secara berkala guna menyelesaikan permasalahan di masyarakat berdasarkan musyawarah,.”jelas Kapolsek.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan