Tidak Ada Prajurit Yang Hebat, Yang Ada Prajurit Yang Terlatih

Karanganyar,Kabarjoglo.com –  Kodim 0727/Karanganyar menggelar Uji Terampil Perorangan (UTP) di sekitar Makodim, Jalan Lawu No 387, Cangakan kabupaten Karanganyar. Selasa (12/02/2019)

Latihan bagi seorang prajurit merupakan suatu kesejahteraan yang utama dalam menunjang dinas sehari-harinya maupun tugas operasi. Untuk itu Kodim Karanganyar pada triwulan pertama tahun 2019, menggelar UTP bagi anggota Bintara dan Tamtama. Kegiatan UTP ini dilaksanakan sesuai program dari Koatas khususnya bidang latihan, terang Kapten Arm Priyo Heri S, selaku Komandan UTP.

Lanjut Priyo, Dalam kegiatan UTP ini materi yang diujikan adalah materi umum yaitu dasar-dasar intelijen, taktik, pengetahuan komunikasi, pengetahuan komputer, administrasi umum Angkatan Darat dan pengetahuan teritorial. Bagi prajurit yang lulus UTP umum akan dilanjutkan ketingkat yang lebih tinggi yaitu Uji Terampil Jabatan (UTJ) Perorangan, sedangkan yang belum dinyatakan lulus akan disediakan waktu untuk ujian ulang,”jelasnya.

Selain itu, tujuan diadakannya UTP adalah menguji kemampuan perorangan yang dimiliki prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki. Serta didapatkannya suatu data kualitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan prajurit terhadap pengetahuan serta keterampilan umum sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personil dan pembinaan latihan,”terang Priyo.

“Sehingga setiap prajurit di semua tingkatan menguasai dan mampu melaksanakan tugasnya secara profesional dan proporsional, tidak ada prajurit yang hebat yang ada prajurit yang terlatih. Prajurit yang mengikuti UTP untuk bersungguh- sungguh, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan mengutamakan faktor keamanan baik materiil maupun personel.

Related Posts