Pesan Danramil 20/Kismantoro Dalam Musrenbang Kecamatan

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Bertempat di Pendopo Kecamatan Kismantoro telah dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) Kecamatan Kismantoro tahun 2019 dalam rangka Penyusunan RKPD tahun 2020, Selasa(19/2).

Kegiatan dihadiri oleh Team pendampingan dari kabupaten Purwadi,SE,MM., Anggota DPRD Kab Wonogiri dari PPP Dangi Darmanto SH., Camat Kismantoro Djoko Purwidyatmo,S.Sos,MM., Danramil 20/Kismantoro Kapten Inf Prahwoto, Kapolsek Kismantoro IPTU Bambang Suripto,SH., Kepala Dinas dan Instansi se-kecamatan Kismantoro, Kepala SMK/Aliyah Sunan Gunung Jati dan Kepala SMP/Tsanawiyah Sunan Gunung Jati, Kepala BUMN/BUMD/UPK Kecamatan Kismantoro, Kepala Desa dan lurah, Ketua TP PKK, Ketua BKAD Paryanto, ST., Pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa, Team Penyelenggra Musrenbang Kecamatan Kismantoro.

Sambutan  Camat Kismantoro Djoko Purwidyatmo,S.Sos,MM., Saat ini memasuki tahun politik menjelang dlaksanakannya Pemilu  2019 maka kita harus mensukseskan pesta demokrasi tersebut. Musrenbangcam ini untuk menyusun RKPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2020.

Sambutan  Bupati Wonogiri yang disampaikan oleh Team pendamping dari Pemerintah Kabupaten Wonogiri  Purwadi,SE.,MM., Pelaksanaan sampai tahun 2018 sudah bisa kita nikmati bersama panca program Bupati yang meliputi alus dalane, rame pasare, sehat wargane, pinter rakyate dan sukses petanine. Dan sudah saatnya kita tuntaskan pada tahun 2020 setelah sukses melalui pembangunan panca program. Untuk tahun 2020 akan menurunkan angka kemiskinan yang masih menjadi issue utama di Kabupaten Wonogiri  bahkan menjadi issue nasional yang harus di cari kebijakan secara bersama-sama  antara pemerintahan untuk menanganinya  angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri, pada bulan Maret 2018 pada angka 10, 7 persen terdapat penurunan sebesar 2 persen yang pada tahun 2018 sebesar 12, 9 persen.

Kemiskinan tdk terlepas dari 2 kondisi kondisi penduduk miskin terkait pelayanan dasar yang terdiri dari papan pangan pendidikan kesehatan. Kondisi penduduk miskin Terkait dengan kehidupan ekonomi berkelanjutan yang terdiri dari kesempatan berusaha  dan pekerja, modal, pasar,  penampilan dan produktifitas kelompok.

Kemiskinan yang berkaitan dengan papan atau rumah tidak layaak huni beserta fasilitasnya seperti listrik, sanitasi/jaban dan air bersih sampai pada tahun 2018 rencana th 2019 kita sudah  sudah membikin sebanyak 5216 rumah tangga melalui bantuan Sosial meningkatan rumah tidak layak huni (  RTLH )  dan sisanya sebanyak 38.331  yang masih kita selesaikan bersama-sama dengan bantuan pemerintah pusat sebesar 20% Pemerintah profinsi sebanyak 30 persen dan pemerintah Kabupaten sebesar 50%.

Pemerintah kab Wonogiri melalui APBD th 2019 telah menganggarkan dana Desa  yang bersumber dari APBN kepada Desa sebesar 227 Milyard  393 juta 914 juta rupiah, Alokasi dana Desa  yang bersumber dari APBD kab wonogiri  sebesar 120 Milyard 672 Juta 886 ribu rupiah dan distribusi daerah dari pemerintah desa sebesar 6 milyard 305 juta 759 ribu serta keuangan badan Desa untuk pembangunan infrastruktur  pedesaan sebesar 13 milyad 71 juta dengan total keseluruhan  APBP yang dialokasikan  ke Desa seluruh Kab Wonogiri sebesar Rp 367 Milyar 443 juta 559 ribu Rupiah.

Sedangkan untuk tahun 2019 APBD Kab. Wonogiri telah menganggarkan  kegiatan rutin penyelenggara pemerintahan di kelurahan, pembangunan sarana dan prasarana  dan pemberdayaan masyarakat  sebesar Rp. 33.461.161.900,-. Melalui Musrenbang Kelurahan dan desa  di Kecamatan Kismantoro ini  penanganan kemiskinan melalui Rumah Tidak layah huni ( RTLH)  beserta fasilitasnya dilakukan langkah-langkah  sebagai berikut : melakukan Ferifikasi dan Klasifikasi data RTLH disertai dengan data yang relevan  bisa berupa foto atau video. Melakukan pendataan disertai dengan fasilitas  RTLH yaitu jaringan listrik sanitasi/jamban, dan air bersih. Berdasarkan Prioritas data yang relevan katagori kerusakan yaitu berat, sedang dan ringan.

Dengan adanya kerjsama antara pemerintah Kabupaten pemerintah Desa untuk bersama-sama bekerjasama menurunkan angka kemiskinan yang saat ini masih 9% diharapkan pada tahun 2021 sudah selesai dengan semangat sesarengan membangun wonogiri pemerintah kab Wonogiri melalui Visinya  membangun Wonogiri sukses, beriman, berbudaya dan berkeadilan, berdaya saing  serta konsisten menjalankan program pembangunan daerah secara berkerlanjutan.

Kapolsek Kismantoro IPTU Bambang Suripto,SH dalam sambutannya menyampaikan Polri siap mendukung pelaksanaan kegiatan Musrenbang desa/kel maupun Musrenbangcam. Terkait Pemilu 2019 mari kita jaga kondusifitas Kismantoro. Peningkatan kegiatan poskamling. Kewaspadaan terhadap ancaman bencana alam dan berita hoax.

Sambutan yang disampaikan oleh Kapten Inf Prahwoto Danramil 20/Kismantoro bahwa memasuk tahun politik dan sebentar lagi dilaksanakan pesta demokrasi kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, kami TNI siap  mensukseskan Pemilu 2019 yang aman dan damai serta TNI siap mendukung semua apa yang menjadi program dari pemerintah. Menyikapi berkembangnya penyakit DBD dibeberapa daerah, Danramil juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menjaga kebersihan dan kerapian di lingkungan sekitar agar terhindar dari segala macam penyakit,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan