Babinsa Gentan, Kecamatan Gantiwarno Galakkan Ronda Malam

Klaten,Kabarjoglo.com – Babinsa Gentan menggerakkan kembali ronda malam guna menjaga keamanan dan menggalakkan kebersamaan antar warga beragam profesi sekaligus menjaring aspirasi dari Masyarakat, Selasa malam (26/02/19).

Babinsa Gentan Koramil 10/Gantiwarno Sertu Warsidi selalu aktif memantau dan mengunjungi warganya yang melakukan ronda malam, selain untuk menciptakan keamanan di wilayahnya juga untuk menjaring aspirasi warga serta guna memupuk jiwa kebersamaan, kekompakan antar warga.

Menurut Sertu Warsidi, selain untuk memastikan ronda berjalan baik, melalui ronda itu ia juga bisa berbaur bersama warga dan berdiskusi guna dapat secara dekat mengetahui apa perkembangan situasi yang ada diwilayah binaan.

“Langkah ini sangat efektif untuk pelaksanaan Pembinaan Teritorial serta mengetahui keadaan warga yang sesungguhnya,” ucapnya.

Karena mendapatkan banyak masukan dan keluhan yang dialami warga serta menjalin Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Untuk mengetahui kondisi warga, tidak bisa hanya menunggu di belakang meja. Tapi harus terjun langsung. Inilah yang dilakukan, setelah mengabsen jadwal ronda warga, biasanya ia menyempatkan diri untuk berdiskusi. Dia dapat banyak masukan dan keluhan dari warga.

Sertu Warsidi menjelaskan, dengan berdiskusi dengan warga, otomatis warga diajak terlibat langsung untuk bersama-sama memikirkan Keamanan Desanya.

“Dengan cara ini diharapkan akan tertanam rasa memiliki, dan warga akhirnya termotivasi untuk membangun desanya serta bertanggung jawab Keamanan masing-masing. Apa yang kurang, apa yang menjadi masalah, semua didiskusikan bersama,” imbuhnya.

Sementara terkait keamanan, Sertu Warsidi meminta masyarakat untuk tetap kompak menjaga kondusivitas di lingkungannya masing-masing. Warga diharapkan tidak mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memecah belah persatuan.

Babinsa juga menjelaskan banyaknya aksi kriminalitas di desanya tersebut membuat dirinya selaku Aparat Keamanan tergerak dan selanjutnya mengajak seluruh warga untuk aktif ronda jaga Siskamling. Babinsa dan Kepala Desa sudah mengatur ronda malam dilaksanakan setiap RT yang ada diseluruh Desa Gentan Kecamatan Gantiwarno.

Ronda dilaksanakan secara bergiliran oleh setiap warga. Disetiap pos ronda atau tiap RT warga yang jaga malam ada 4 orang, dengan tanggung jawab ketua RT untuk pelaksanaanya. Kepala Dusun, Ketua RW dan RT selalu berkoordinasi dengan Babinsa untuk pelaksanaan ronda malam.

Pelaksanaan jaga malam di Dusun Karang Desa Gentan dimulai jam 22.00 WIB sampai dengan jam 05.00 WIB, ini semua dilaksanakan untuk menjaga kekompakan serta untuk menjalin kerja sama antar warga dan juga kerja sama aparat desa guna mengantisipasi ancaman keamanan serta ketertiban di masyarakat Desa Gentan.

” Dengan adanya ronda malam bisa mempersempit atau memperkecil kesempatan kalau ada orang yang berniat menganggu Kamtibmas Desa Gentan dan kalau ada kejadian cepat bisa sampai ke warga yang lain yang lagi istirahat,” papar Babinsa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan