Danramil 03/Ngadirojo Pimpin Langsung Pengubinan Bersama PPL

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com –  aktivitas pendampingan bagi para petani dilakukan oleh Danramil 03/Ngadirojo beserta anggota Koramil Kodim 0728/Wonogiri pada Rabu (20/3/2019) pagi. Pendampingan dilakukan berkaitan dengan pengubinan padi yang berada di Dusun Jaten RT 01/02, Kelurahan Mloko Manis Kulon, Kecamatan Ngadirojo.

Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistik untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian. Teknik ini umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan lahan satu hektare. “Fungsi kegiatan pengubinan adalah para petani bisa mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi mereka,” ujar Ketua PPL Mulato.

Danramil 03/Ngadirojo Kapten Inf Siswanto menyampaikan pengubinan kali ini berada di lahan milik Sularno dengan jenis padi Ciherang dengan ukuran 2.1/2 meter persegi dengan hasil 2’8 Kg, rekap panen 3 ’84 Ton/Ha, pengubinan bermanfaat agar petani tidak diperdaya oleh sistem jual ijon yang hanya memperkirakan harga perluasan lahan yang ada, tambahnya. (Pendim 0728/Wng).

Related Posts