Hitung Perkiraan Produksi Hasil Panen Babinsa Cawas bersama Mantri Tani dan PPL adakan Ubinan

Klaten,Kabarjoglo.com – Guna mengetahui hasil panen Babinsa Koramil 20 Cawas Sertu Tugiya bersama Mantri Tani dan PPL Cawas melaksanakan tehnik pengukuran hasil panen secara ubinan di lahan Bapak Sugeng Wiyono seluas 1.800 m² Varietas Bestari di Poktan Sedyo Makmur dengan ketua Bapak Supadi di lahan Desa Tlingsing Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten, Rabu ( 20/3/2019 )

Teknik tersebut adalah merupakan salah satu cara untuk menghitung perkiraan produksi atau hasil panen adalah melalui panen ubinan karena panen ubinan ini dapat mewakiki hasil hamparan sawah petani. Dari hasil ubinan dengan menggunakan ukuran standar dinas pertanian 2,5 x 2,5 m dengan luas 1800 m² hasilnya 5,805 Kg sehingga di dapat perhektarnya hasilnya 9,288 ton Gabah Kering Panen Varietas Bestari.

“Sistem Ubinan ini dilaksanakan untuk melihat secara langsung hasil panen petani di Desa Tlingsing, sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan dan untuk meningkatan produksi Padi menuju Swasembafa Pangan ” Ungkap Babinsa Sertu Tugiya.

Menurut Mantri Tani Ibu Tutwuri Handayani bahwa varietas bestari yg merupakan produk keluaran Batan potensi hasilnya cukup tinggi dan terbukti dengan hasil ubinan mendapat angka 9,288 ton/ha, varietas ini Cukup adaptif di lahan sawah Wilayah Kecamatan Cawas karena sudah di tanam beberapa musim tanam dengan hasil cukup stabil,” Ungkap Mantri Tani.

Di katakan juga Bahwa lokasi ini merupakan pengembangan program ATP yang rencana akan dipanen oleh Bupati Klaten dan Tim BATAN serta perwakilan dari FAO ( Badan Pangan Dunia ). Turut dalam kegiatan ubinan Mantri Tani ( Tutwuri Handayani, SP), Babinsa Sertu Tugiya, PPL Cawas lidia Nitasari S.TP, Dwi Supantar S.TP) Ketua Poktani ( Supadi ) dan anggota poktani.(Pendim 0723/Klaten)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan