Forkopimda Wonogiri Hadiri Pembukaan Jambore PKH

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa beserta jajaran Forkopimda Wonogiri menghadiri dan membuka kegiatan Jambore Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Wonogiri. Jambore ini, dirangkai dengan pameran KUBE PKH bertempat di alun-alun Giri Krida Bakti Kabupatrn Wonogiri,Selasa (9/4).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng Drs. Nur Hadi Amiyanto, M.Ed diwakili Drs. Sarjimo, M.Si Kabid perlindungan dan jaminan sosial, Dandim 0728/Wng Letkol Inf M Heri Amrulloh, S.Sos.,MH yang diwakili Kpt Arm Yadiman,Wakapolres Wonogiri Kompol A. Aidil Fitri Syah,SE,MM,Kepala pengadilan Negeri Wonogiri Moch. Istiadi.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jateng Drs. Nur Hadi Amiyanto, M.Ed dalam sambutannya yang disampaikan oleh Drs. Sarjimo, M.Si Kabid perlindungan dan jaminan sosial menyampaikan,tujuan dari pelaksanaan jamboree PKH Kabupaten Wonogiri adalah untuk menguatkan SDM PKH Wonogiri agar termotivasi meningkatkan derajat kesehatan,pendidikan dan kesejahteraan keluarga penerima manfaat,mempererat hubungan persaudaraan dan kekeluargaan,sharing pengalaman,serta menjunjung tinggi sportifitas dalam perlombaan.

Jumlah KPM Provinsi Jawa Tengah saat ini sebanyak 1.449.070 KPM,dengan jumlah SDM PKH Antara lain Asisten pendamping 1 orang,pendamp[ing PKH 5.007 orang,Adminstrator pangkalan data 274 orang,supervisor 69 orang,korkab korkot 70 orang dan korwil 5 orang. Sehingga total SDM PKH Provinsi Jawa Tengah adalah 5.426 orang.

Wakil Bupati Wonogiri dalam sambutannya menyampaikan,melalui kegiatan jamboree inii,kita perkuat kelembagaan dan pembentukan sumber daya manusia dalam pelaksanaan program keluarga harapan di Kabupaten Wonogiri,program keluarga harapan menjadi program percepatan dalam penanggulagan kemiskinan,memutuskan rantai kemiskinan,menghindarkan kemiskinan kronis secara nasional,termasuk di Kabupaten Wonogiri.

Semenjak menjadi peserta program keluarga harapan pada tahun 2011 hingga tahun 2019,progress positif berhasil dicapai oleh Kabupaten Wonogiri. Dari peserta awal terdiri hanya 19 Kecamatan,menjadi 25 Kecamatan pada tahun 2016. Jika pada 2011 program ini diterima oleh 9.112 KPM (Keluarga Penerima Manfaat),catatan terakhir tahun 2018 PKH diterima oleh 42.404KPM,dengan alokasi bantuan APBN 73,7 Milyar dan alokasi bantuan operasional dari APBD Kabupaten Wonogiri sebesar 300 juta.

Tentu jumlah yang sangat besar tersebut akan dapat dikatakanberhasil manakala memberikan capaian masyarakat yang semakin sejahtera,mampu hidup layak,hidup sehat,dan mencukupi kebutuhan social seperti pendidikan dan kesehatan. PKH dikatakan berhasil jika dari tiap KPM mampu melahirkan generasi yang terdidik,sehat,dan mampu hidup mandiri di kemudian hari.

Dandim 0728/Wng Letkol Inf M Heri Amrulloh melalui Kpt Arm Yadiman menyampaikan melalui jamboree PKH,kita bangun ajang untuk menampilkan hasil karya atau produk-produk KPM PKH Kabupaten Wonogiri yang diharapkan mampu menjadi modal untuk mencapain Graduasi mandiri.(Pendim 0728/Wng)

Related Posts