Satgas Yonif Raider 408/Sbh Laksanakan Gaktib Dalam Satuan Bekerja Sama Dengan Subdenpom IX/1-3 Atambua

Kabarjoglo.com – Ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang prajurit. Dengan membentuk prajurit yang taat kepada hukum dan mempunyai Disiplin yang tinggi akan mempermudah satuan tersebut untuk mencapai tugas Pokoknya. Seperti yang dilakukan oleh Satgas Yonif Raider 408/Sbh, untuk membentuk Prajurit yang berdisiplin tinggi dan Taat hukum Satgas menggandeng Sudenpom IX/1-3 Atambua untuk melaksanakan kegiatan Penegakan Tata Tertib (Gaktib) dalam satuan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 408/Sbh.

Penegakan Tata Tertib dalam satuan tersebut dilaksanakan Pada Hari Selasa tanggal 9 April 2019, Kegiatan ini bermula dari Surat Pengajuan yang dikirimkan oleh Dansatgas Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P kepada Dandenpom Kupang untuk melaksanakan kegiatan Gaktib dalam satuan yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas antara Provost Satuan dan Subdenpom Atambua dalam hal penegakan tatatertib anggota.

Operasi yang bertujuan meningkatkan disiplin dan kepatuhan hukum prajurit TNI di lingkungan Satgas Yonif Raider 408/Sbh ditandai dengan pengecekan kelengkapan Anggota dan pemeriksaan Kendaraan seperti KTA, SIM Umum, SIM TNI, Surat ijin keluar Anggota, Pemeriksaan STNK kendaraan, serta kelengkapan kendaraan dinas dan kelayakan kendaraan dinas. Kegiatan Gaktib ini dipimpin langsung Oleh Dansubdenpom IX/1 – 3 Atambua Kapten Cpm Anggoro bersama 6 orang Anggotanya dan didampingi Oleh Komandan Satgas Yonif Raider 408/Sbh Mayor Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P.

Dalam kesempatan itu Dansatgas Mayor inf Joni Eko Prasetyo menegaskan Pelaksanaan Gaptib dalam satuan di lingkungan Satgas Yonif Raider 408/Sbh yang dilaksanakan bersama Subdenpom IX/1-3 Atambua sangat dibutuhkan untuk menciptakan sinergitas dan soliditas dalam mencegah terjadinya Pelanggaran anngota. “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Ungkap Dansatgas. “kita lebih baik mengambil tindakan prefentif sehingga dapat meminimalisir bahkan dapat menghindari pelanggaran anggota dari pada kita baru menggambil langkah setelah kejadian. Ini langkah yang baik yang harus kita lestarikan sehingga kita dalam pelaksanaam satgas bisa berjalan dengan lancar”. Tambah Dansatga.

Dansubdenpom IX/1-3 Atambua Kapten Cpm Anggora menyampaikan kegiatan Gaktib ini baru pertama kali dilakukan dalam lingkungan Satgas “Suatu kehormatan bagi kami karna sudah mendapat kepercayaan untuk melaksanakan ops Gaktib dalam satuan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan dilingkungan Satgas”. Dalam kegiatan ini nanti dari pihak Subdenpom akan melaksanakan pengecekan kelengkapan adminitrasi prajurit serta kelengkapan dan kelayakan kenderaan yang digunakan oleh Satga Yonif Raider 408/Sbh.

Hal ini penting sehingga tidak ada lagi pelanggaran maupun kekurangan kelayakan kendaraan yang digunakan oleh anggota Satgas saat terjadi Razia. “Kita melakukam pemeriksaan administrasi prajutit dan kelengkapan kendaraan baik surat – surat maupun kelengkapan lainnya sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya pelanggaran anggota,” ungkap Kapten Anggoro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan