Pelihara Profesionalisme Prajurit, Kodim 0728/Wonogiri Gelar Binsiap Apkowil dan Puanter

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com – Kodim 0728/Wonogiri menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II, TA. 2019, dalam rangka untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, yang berlangsung di Makodim 0728/Wonogiri, Senin(29/4).

Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Bin Siap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puan Ter), Kodim 0728/Wonogiri Bidang Teritorial Triwulan II TA. 2019, secara resmi dibuka oleh Kapten Kav Subagyo mewakili Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, S.Sos., MH.

Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, S.Sos., MH., melalui Kapten Kav Subagyo (Danramil 19/Purwantoro) menyampaikan, melalui kegiatan ini, kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah. Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung oleh profesionalitas, kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia.

Ada beberapa penekanan kepada para peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas diantaranya, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando Atas agar dapat di tindak lanjuti serta mempelajari kembali materi-materi Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial dan Metode Pembinaan Teritorial.

Para Babinsa tidak hanya sebatas memahami dan menguasai ilmu teritorial, namun harus mampu menerapkannya dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah. Para Babinsa juga harus berintegrasi dan bersinergi dengan tiga pilar desa dan segenap komponen masyarakat yang ada di wilayah binaan. Babinsa harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran atau peran negara.

Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja, (Pendim0728/Wng).

Related Posts