Tingkatkan Imtaq, Pelda Suef Dan Anggota Koramil 13/Pracimantoro Hadiri Pengajian Akbar

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com –  bertempat di Aula Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Cabang Wonogiri, Dusun Nangsri, Desa Lebak, Kecamatan Pracimantoro, Batuud Koramil 13/Pracimantoro Pelda Suef mewakili Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo menghadiri Pengajian Akbar, sebagai pembicara yakni Pengasuh Pondok Pesantren Pandanaran Gunung Kidul K.H. Arief Gunadi, S.Ag,.M.Pd.I., Selasa(30/4) Malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Panitia Lomba Rebana Sukatmo Nurrohman, S.Pd,.M.Pd., Pengasuh Ponpes Sunan Pandanaran Gunung Kidul K.H. Arief Gunadi, S.Ag,. M.Pd.I., Pengasuh Ponpes Sunan Pandanaran Nangsri Desa Lebak Kec. Pracimantoro K. H. Moh. Jazuli Kasmani, Danramil 13/ Pracimantoro yang diwakilkan kepada Batuud Pelda Suef dan Serda Agus Winarno, Kepala Desa Lebak Sudarno, Warga sekitar Dusun Nangsri, Desa Lebak.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian hadiah Juara Lomba Rebana dan Hadroh antara lain sebagai Juara 1 Ahbabul Mujtaba dari Desa Sedayu, Kec. Pracimantoro. Juara 2 Ar-Rohman dari Desa Pucung, Kecamatam Eromoko dan Juara 3 Miftahul Huda dari Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro.

Sambutan yang disampaikan oleh Pengasuh Ponpes Sunan Pandanaran Nangsri Desa Lebak Kec. Pracimantoro K. H. Moh. Jazuli Kasmani Mengenalkan adanya pesantren di Dusun Nangsri, Desa Lebak Pracimantoro. Meyakinkan kepada masyarakat sekitar Desa Lebak untuk putra putrinya untuk bisa menimba ilmu Agama melalui Pondok Pesantren dan Pengajian dan Mujahadah Ratibul Hadad pada setiap hari Rabu Legi dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Lebak dan masyarakat Desa Lebak yang telah mewakafkan tanah untuk pesantren.

Tausyiah yang disampaikan oleh K.H. Arief Gunadi, S.Ag,. M.Pd.I antara lain Mujāhadah Hasyran merupakan salah satu Mujāhadah yang menjadi rutinitas di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Mujāhadah ini wajib di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Dalam Mujāhadah Hasyran terdapat praktek pembacaan al-Qur’an dan shalawat-shalawat. Adapun surat yang dibaca di dalam Mujāhadah yaitu Surat al-Hasyr dan ayat ke 255 dalam surat al-Baqarah yang biasa diketahui dengan sebutan ayat Kursi.

Sedangkan shalawat yang dibaca dalam Mujāhadah ini yaitu shalawat Tunjina dan shalawat al-Tha’un. Sebelum pembacaan al-Qur’an dan shalawat terlebih dahulu dilakukan pembacaan tawassul yang dipimpin oleh Imam yang bacaannya merujuk pada Majmu’ Aurod. Pondok pesantren cabang yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Mujāhadah ini dilaksanakan waktu Maghrib dan Isya’ diyakini sebagai waktu yang mustajab untuk melaksanakan Mujāhadah dan do’a.

Di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Dusun Nangsri, Desa Lebak pengajian dan Mujahadah Ratibul Hadad pada setiap hari Rabu Legi dan Mujāhadah ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya menghindari dari perilaku orang jahat dan penolak musibah seperti gempa bumi, gunung meletus dan yang lainnya serta untuk menenangkan jiwa bagi orang yang sedang terkena musibah termasuk obat segala penyakit,(Pendim0728/Wng).

Related Posts