7 Bulan Berjalan, Satgas Yonif Raider 408/SBH Semakin Harmonis Menjalin Hubungan Dengan Masyarakat Perbatasan

Kabarjoglo.com – Tak terasa sudah 7 bulan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 408/SBH bertugas diwilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste. Terhitung sejak bulan November 2018, satuan ini menjalankan tugas yang dipercayakan negara menjaga keamanan diperbatasan. Berbagai kegiatan telah dilakukan sebagai wujud keseriusan dalam menjalankan tugas. Mulai dari menjaga perbatasan melalui patroli patok negara, mencegah kegiatan ilegal diperbatasan, hingga kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan telah mereka lakukan.

Sebagai contoh, satuan tugas yang dikomandoi Mayor Inf Joni Eko Prasetyo, S.I.P menaruh perhatian terhadap tempat-tempat ibadah yang berada diwilayah perbatasan. Sering anggota satgas melakukan karya bakti hingga perehapan digereja. Hal ini menjadi wujud keharmonisan serta tingginya toleransi beragama yang diperlihatkan anggota satgas terhadap masyarakat perbatasan yang mayoritas memeluk agama katholik. Selain itu Satgas Yonif Raider 408/SBH juga sering membantu pengamanan ibadah umat Katholik diwilayah perbatasan.

Rabu (8 Mei 2019) anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH melakukan kegiatan karya bakti pengecatan pagar Gereja Katholik Stella Maris Atapupu. Sebanyak 12 anggota yang dipimpin Lettu Inf Andi Milzam bergotong-royong mengecat pagar gereja tersebut, yang sebelumnya masih terlihat polos. Anggota Satgas dari jajaran Kompi Tempur I tersebut bahu membahu mempercantik etalase gereja yang dipimpim Rm.Yoris Giri, Pr.

“Motif batu bata merah menghiasi gerbang masuk gereja tersebut merupakan ide kreatif dari Romo Yoris, yang dikerjakan oleh anggota satgas Yonif Raider 408/SBH. Seluruh tiang berwarna merah batas, sedangkan dasar pagas berwarna putih serasi dengan warna bendera Indonesia, Merah-Putih”. Ungkap Lettu Inf Andi Milzam yang juga menjabat sebagai komandan pos Damar.

Komandan Kompi Tempur I Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH, Letnan Satu Inf Ari Cahyo Wibowo selalu memotivasi seluruh anggotanya. “Meskipun kita sedang menjalankan ibadah puasa, akan tetapi semangat untuk membantu masyarakat tak boleh kendor”. Ucap Ari saat ditemui awak media.

Selain membantu dalam pengecatan gereja tersebut, Romo Yoris juga mengajak seluruh anggota yang sedang menjalankan ibadah puasa untuk buka bersama diPastoran Gereja Katholik Atapupu. “Senang sekali rasanya bisa mengajak anggota satgas untuk berbuka bersama ditempat kami. Kami juga berterima kasih kepada Komandan Satgas berserta seluruh anggota yang membantu pekerjaan kami. Semoga Tuhan selalu melindungi kita semua dalam menjalankan tugas”. Tutup Romo Yoris.

Related Posts