Tingkatkan Hasil Panen, Babinsa Desa Kemiri Berikan Motivasi Petani

Karanganyar,Kabarjoglo.com – Babinsa Desa Kemiri Koramil 03/Kebakkramat Serda Nursalim sangat bersemangat melaksanakan pendampingan pertanian penyiangan rumput di sawah milik bapak Wijanarko warga dusun Gedangan Rt 02 Rw 01 desa Kemiri, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, Rabu (08/5/2019).

Potensi Desa Kemiri merupakan Desa Agraris yang berbasis pertanian, Letak perbatasan wilayah dengan Kabupaten Sragen. Peranan nyata Babinsa dalam ketahanan pangan yaitu dengan Babinsa turun langsung membantu petani dalam pendampingan, dari proses pra penanaman padi, sampai dengan proses pasca panen padi.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) melalui Koramil dan Babinsa terus membina petani dari mulai pembukaan lahan, penggarapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan, panen dan yang terakhir Pasca Panen. Hal itu juga sebagai sarana agar para petani menjual hasil panennya ke Bulog, sehingga memberikan dampak peningkatan kesejahteraan kepada petani.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Babinsa dalam rangka percepatan pengolahan lahan sawah, serta memberikan contoh dan mempelopori para petani di desa binaanya agar percepatan tanam kembali dapat dilakukan dengan baik dan cepat untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

“Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat harus selalu terjamin. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat, maka masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang dan akan lebih mampu berperan dalam pembangunan.

Mengingat adanya gerakan pemerintah tentang peningkatan produksi padi, Babinsa Koramil 03/Kebakkramat Kodim 0727/Karanganyar Korem 074/Warastratama Serda Nursalim memotivasi dan mengajak para petani di wilayah binaannya untuk pengolahan sawah secara maksimal. Mengingat subsidi yang diberikan pemerintah dalam banyak hal seperti bantuan bibit, bantuan pupuk bahkan sampai bantuan alat alat pertanian (Traktor, Transplanter dll). Babinsa juga memberikan pengertian kepada para petani agar hasil panennya nanti terserap oleh Bulog, sehingga cadangan beras/lumbung padi nasional mencapai target yang ditentukan pemerintah.

(03-Pendim 0727/Kra)

Bagikan ini ke :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp

SPONSOR