Warga Bhaladika Yudha Kibarkan Bendera Merah-Putih Untuk Peringkati Hari Lahirnya Pancasila

Semarang,Kabarjoglo.com  – Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, Warga Yonarhanud 15/DBY mengibarkan bendera merah-putih didepan halaman rumah masing-masing mulai tanggal 27 Mei sampai dengan 1 Juni 2019. Dan sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari “Lahirnya Pancasila” .

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pancasila adalah pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang asas-asasnya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram serta selaras dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kita juga harus mengetahui dan memahami sejarah Pancasila agar kita selalu menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Dari materi sejarah Pancasila yang mungkin sudah sering didengar, Pancasila sendiri berasal dari dua kata dari bahasa Sansekerta, yaitu panca yang berarti lima dan sila berarti asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman untuk seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari telah mengamalkan yang namanya Dasar Negara. Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila, dimana yang bersemboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu. Satu negara, satu bangsa dan satu kesatuan di negara Indonesia.

_Pen Yonarhanud15 (27/5)_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.