BABINSA : Jadi Petani Harus Tahu Kebutuhan Air Dalam Menggarap Sawah

Karanganyar,Kabarjoglo.com  – Babinsa Koramil 02/Tasikmadu Sertu Darmanto Babinsa Desa Wonolopo terjun ke sawah langsung untuk melaksanakan pendampingan swasembada pangan khususnya petani padi dengan ikut serta dalam pengaturan irigasi, kerena sekarang musim kemarau. Senin (27/5)

Kebutuhan air terbanyak pada saat penyiapan lahan sampai tanam dan memasuki fase bunting sampai pengisian bulir padi. Kebutuhan air untuk pengolahan tanah sampai siap tanam (30 hari) mengkonsumsi air 20% dari total kebutuhan air untuk padi sawah dan fase bunting sampai pengisian bulir (15 hari) mengkonsumsi air sebanyak 35 %.

Berdasarkan data tersebut perlu pengaturan dalam pengairan agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik, dan mendapatkan hasil yang baik pula sesuai harapan petani. Apalagi sekarang ini baru memasuki musim kemarau dan wilayah desa Wonolopo untuk tanaman padi mulai keluar bulirnya, sehingga perlu sekali irigasi yang bisa mengairi sawah mereka. Hal itu agar tanaman padi tersebut bisa tumbuh dengan sempurna.

Masyarakat desa Wonolopo sangat senang apabila Babinsa ikut serta dalam pengawasan pengairan ini, sehingga dapat diatur giliran sawah mana yang harus didahulukan sesuai dengan keadaan sawahnya. Dengan itu diharapkan pengairannya bisa merata mendapatkan air sesuai dengan kebutuhan sawah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts

Terkini

Sponsor

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.