Dandim 0728/Wonogiri : Pentingnya Wasbang Dan Bela Negara Di Era Globalisasi Saat Ini

Category : Kabar Solo Raya

Wonogiri,Kabarjoglo.com  – Penyuluhan akan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara sangat lah penting dan diingitkankan kepada para siswa-siswi, agar mereka mengetahui perjuangan para pahlawan kita terdahulu sebagai motivasi untuk terus berkarya dan memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara.

Seperti yang dilakukan Komandan Kodim 0728/Wonogiri Letkol Inf M. Heri Amrulloh, S.Sos., MH., pada Senin(21/7) kepada siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro kelas X, XI dan XII sejumlah 584 orang. Didepan generasi muda penerus bangsa tersebut, Dandim memberikan materi tentang wawasan kebangsaan dan bela negara yang bertempat di lapangan Wuryantoro

Dengan didampingi Kepala Sekolah Drs. Bambang Sulistianto dan guru pembimbing serta anggota Koramil 11/Manyaran, Koramil 12/Eromoko dan Koramil 13/Pracimantoro, Dandim menyampaikan kondisi wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan dan ini harus menjadi perhatian kita semua sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini.

Apalagi dihadapkan dengan era globalisasi saat ini, semakin banyaknya ancaman multidimensi yang tidak kelihatan, serta berkembangnya kesadaran etnis yang sempit, dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah di wilayah NKRI. Oleh karena itu kepada generasi muda khususnya para pelajar, sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wawasan Kebangsaan / Bela Negara sejak dini ini. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia.

Dandim berharap kepada seluruh Siswa/siswi, bahwa kalian adalah generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan dan untuk itu adik-adik juga harus mengetahui perjuangan para pahlawan kita dulu sebagai motivasi untuk terus berkarya dan memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara. Mengingat generasi muda yang akan melanjutkan dan meneruskan kepemimpinan bangsa Indonesia 10 atau 20 tahun kedepan”, Ucap Dandim.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan tentang Trend Perang saat ini yaitu salah satunya berupa Proxy War di Indonesia, dengan sasaran adalah generasi muda untuk menghilangkan rasa Nasionalisme , menghilangkan rasa Patriotisme, tidak mau menghargai orang tua , tidak peka terhadap lingkungan, sikap dan perilakunya yang tidak mencerminkan budaya bangsa dan egoisme serta kebebasan tanpa batas , sehingga akan mudah dipecah-belah dan mudah dikendalikan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Pada kesempatan tersebut, Dandim juga menyinggung tentang bahaya Narkoba, Sex bebas / Pornografi , Terorisme, Aliran sesat dan kekerasan / perkelahian antar pelajar.

Kepala Sekolah mengucapkan rasa terterima kasih kepada bapak Dandim dan juga bapak-bapak TNI yang sudah hadir untuk memberikan nilai-nilai kebangsaan yang baik dan positif terhadap siswa/siswi SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro. Dengan harapan, semoga dengan adanya penyuluhan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan oleh Dandim dan juga bapak-bapak TNI bisa menjadikan motivasi dan berguna bagi anak didik kami, (Pendim 0728/Wng).

Related Posts