Prodi DKV ISI Surakarta Lewat Program “Mereksa Aksara” Sebagai Materi Kuliah Untuk Mahasiswa Asing

Prodi DKV ISI Surakarta Lewat Program “Mereksa Aksara” Sebagai Materi Kuliah Untuk Mahasiswa Asing

Solo, Kabarjoglo.com – Perkuliahan yang diikuti oleh sebanyak 50 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa regular ISI Surakarta dan mahasiswa asing yang terhimpun dalam program Dharmasiswa ini berasal dari Amerika Serikat, Cambodia, Inggris, Swedia, Grenada (Kepulauan Windward, Karibia) Honggaria, dan Rep. Ceko.

Tujuan dari perkuliahan ini adalah untuk mengenalkan kembali aksara jawa kepada mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta dan juga sebagai cara untuk mempopulerkan aksara Jawa kepada mahasiswa asing yang sedang belajar di ISI Surakarta, sehingga aksara Jawa dapat dikenal dalam ruang lingkup internasional.

Perkuliahan ini digelar untuk melestarikan (nguri-uri) tata tulis aksara Jawa yang meliputi cara menulis, mengeja aksara dan membaca suku kata dalam sistem penulisan aksara Jawa, dengan menghadirkan narasumber, yaitu : Wisnu Adhi Kusuma (Mahasiswa tingkat akhir Prodi DKV FSRD ISI Surakarta) yang merupakan pegiat dan pemerhati aksara Jawa di Surakarta.

Kegiatan ini merupakan perkuliahan praktek 3 (tiga) sks yang diselenggarakan pada semester ganjil, diampu oleh Ipung Kurniawan Yunianto, S.Sn.M.Sn dan Taufik Murtono, S.Sn., M.Sn. (Dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta).

Perkuliahan ini berjudul “Mereksa Aksara” (Menjaga Kelestarian Huruf Jawa), dimana kegiatan ini terlihat dari antusiasme mahasiswa asing yang berinteraksi dengan mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta angkatan 2018 selama mengikuti materi perkulihan berlangsung, diantaranya yaitu dalam sesi tanya jawab dan aktif dalam pelatihan menulis nama mahasiswa dalam tata tulis huruf Jawa.

Sebagai rangkaian pembelajaran dari mata kuliah Tipografi Nusantara yang dilaksanakan pada semester ganjil untuk mahasiswa angkatan 2018, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa ISI Surakarta dalam kemampuan mengidentifikasi anatomi bentuk huruf Jawa, teknik penulisan, dan metode alih bahasa alfabetikal menjadi pelafalan dialek Jawa yang kemudian dituliskan dalam system penulisan Aksara Jawa, sehingga mahasiswa terlatih kepekaan secara visual untuk mengenali dan memahami karakter aksara Jawa, terlebih dari anatomi hurufnya, yang diselenggarakan pada Jumat, 6 Desember 2019 di Ruang Animasi Manual, Lt.1 Gedung V, Kampus Mojosongo, FSRD ISI Surakarta mulai jam 09.00 – 12.00 wib.

Selama perkuliahan Tipografi Nusantara ini, mahasiswa diajarkan struktur tata tulis aksara Jawa, mengeja, membaca sekaligus mengenali struktur anatomi aksara Jawa.

Kegiatan praktek yang mengajarkan penulisan aksara jawa dengan menuliskan nama masing masing mahasiswa dengan aksara jawa, berikut juga dengan aksara murda, pasangan, sandangan diharapkan untuk media pelestarian sekaligus pengembangan kekayaan seni tradisi aksara Jawa, serta bagian dari promosi dan publikasi Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ke manca negara.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan