Hari ini : Sabtu, 6 Juni 2020 07:46

Wakapolres Dan Kasdim 0728/Wonogiri Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Candi 2019

Wonogiri, Kabarjoglo.com – Bertempat di Halaman Mapolres Wonogiri telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2019 dengan Tema ” Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2019 Kita Tingkatkan Sinergitas Polri dan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Wilayah Kab. Wonogiri “, Kamis(19/12) Kemarin.

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho, S.H., S.I.K dan Kasdim 0728/ Wonogiri Mayor Inf. Nurul Muthahar, S.Ag., M.Pd., Perwira Apel Kompol Agus Pamungkas,S.H, M.H, dan Komandan Apel Iptu Galla Rimba Doa Sirang., S.I.K.

Kegiatan apel tersebut dihadiri oleh Asisten II Sekda Kab. Wonogiri Bambang Hariyadi,M.Si., Kasi pidum Kejaksaan Negeri Wonogiri Bagyo Mulyono, S.H., Anggota pengadilan Negeri Wonogiri Dwiyanto, S.H., M.H., Wakil DPRD Kab Wonogiri Sugeng Ahmady, S.E., Kepala Dinas Perhubungan Kab Wonogiri Drs. Ismiyanto, Para Kabag, Kasat Polres Wonogiri, Pasi Ops Kodim 0728 /Wonogiri Lettu Toto Mardoyo, Agus Kepala Terminal Giri Adipura Agus.

Adapun Peserta apel sebagai berikut Pleton Kapolsek, Kasubag, dan Perwira Staf, 1 Pleton TNI Kodim 0728 Wonogiri, 1 Pleton Kanit Provost Polsek Jajaran, 1 Pleton Dalmas, 1 Pleton Lantas, 1 Pleton Gabungan Staf Polres Wonogiri, 1 Pleton Kanit Sabhara Polsek Jajaran, 1 Pleton Gabungan Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Narkoba, Sat Tahti , Sat Narkoba dan Kanit Intelkam Polsek Jajaran, 1 Pleton Dishubkominfo Kab. Wonogiri, 1 Pleton Gabungan Damkar dan Sat Pol PP Kan. Wonogiri, 1 Pleton Gabungan BPBD, PMI dan SAR, 1 Pleton Gabungan Damkar, RAPI, Senkom, 1 Pleton Banser, Satgas MTA, Kokam, 1 Pleton Pramuka Saka Bhayangkara.

Amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pimpinan Apel Apel Gelar Pasukan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan personel dan peralatan pengamanan, soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam merayakan Hari
Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
2) Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020 Fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan
tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, yaitu sebagai berikut tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. Pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya. Lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan
penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan boddy system. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, (Pendim0728/Wng).

Berita Lainnya

ADVERTISEMENT

Berita Terbaru

Kabar Pilihan

ADVERTISEMENT

SPONSOR