Forkopimda Ikuti Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020

Forkopimda Ikuti Apel Gelar Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2020

Wonogiri, Kabarjoglo.com – Bertempat di Alun – Alun Giri Krida Bhakti Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Apel Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Wonogiri Tahun 2020, bertindak sebagai Pimpinan Apel Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Selasa(7/1).

Dalam apel tersebut, adapun pejabat Komandan Apel dijabat oleh Pasiter Kodim 0728/Wonogiri Kapten Inf Moch. Sambudi dan Perwira Apel dijabat oleh Pasipers Letda Ctp May Indra Purnomo.

Selaku pimpinan apel, Bupati Wonogiri pada kesempatan tersebut menyampaikan Hari ini, segenap unsur pemerintah, TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Linmas, PMI, Tim SAR, Forum Pengurangan Resiko Bencana, Satgas Lintas Organisasi, dan seluruh organisasi yang memiliki satuan siap-siaga bencana di Kabupaten Wonogiri menunjukkan komitmen dalam menghadapi kerawanan bencana yang mungkin muncul.

Apresiasi kepada segenap unsur yang senantiasa mengedepankan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, mengingat kejadian bencana alam dapat terjadi kapanpun, dimanapun, menimpa siapapun, dan terjadi baik pada musim penghujan, maupun musim kemarau. Bencana alam kekurangan air melanda Kabupaten Wonogiri pada musim kemarau, yang menimbulkan kerawanan kebakaran pemukiman warga dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pada musim penghujan, banjir, tanah longsor, angin ribut, pohon tumbang, mengakibatkan kerusakan pada sarana publik, maupun ranah pribadi, yang tentunya harus terus diwaspadai.

Hadirin dan peserta apel yang saya hormati, Pada kesempatan yang baik ini, beberapa hal saya tegaskan sebagai langkah dan strategi tanggap darurat sebagai berikut Penyampaian informasi perkembangan cuaca setiap hari dan secara periodik setiap ada perkembangan cuaca melalui jajaran birokrasi, relawan dan media. Penyiapan personil secara terpadu dengan melibatkan OPD teknis unsur TNI POLRI unsur relawan FPRB relawan desa dan dunia usaha

Penyiapan peralatan tanggap bencana yg dimiliki oleh OPD teknis, TNI, POLRI, relawan dan pengusaha. Penyiapan logistik kebutuhan dasar korban dampak bencana. Selanjutnya sebagai penguatan prinsip mitigasi bencana di Kabupaten Wonogiri, dilakukan Strategi Pengurangan Risiko Bencana sebagai berikut Pemetaan Daerah Rawan Bencana, Fasilitasi pembentukan desa tangguh bencana di seluruh wilayah kabupaten, Peningkatan kapasitas relawan. Gerakan mitigasi bencana melalui Bersih bersih sungai, Penanaman penghijauan, Sosialisasi kepada masyarakat, Sosialisasi dan edukasi penanggulangan bencana melalui sekolah dan masyarakat, Melakukan simulasi secara rutin dan berkelanjutan sesuai prioritas ancaman bencana.

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi, SE., Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing, SH., S.I.K., Kasiterrem 074/Warastratama Letkol Caj Achsin, Kajari Agus Irawan Yustisianto, Wakil Bupati Edi Santoso, Plh. Sekda Kab. Wonogiri Drs.Teguh Setiyono,.MM., Palaghar BPBD Kab. Wonogiri Drs. Bambang Haryanto,.MM., Kasdim 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar,.S. Ag. M.Pd., Danramil, Perwira Staf Jajaran Kodim 0728/Wonogiri, PJU, Kasat, Perwira Jajaran Polres Wonogiri, para Kepala OPD Kab. Wonogiri, para Kades/Lurah se Kab. Wonogiri, Para Relawan Se Kab. Wonogiri, (Pendim0728/Wng).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan