Hari ini : Rabu, 23 Juni 2021 19:46

Tutorial Pembuatan Dough Pizza Mini Daun Bayam Oleh BSI.

Di Panti Asuhan Bina Insan Mandiri melalui daring dengan peserta pengelola dan anak panti asuhan dengan tema Tutorial Pembuatan Dough Pizza Mini Daun Bayam. Foto : istimewa.

 

Surakarta, Kabarjoglo.com – Dalam kondisi pandemi Covid 19 ini, Universitas Bina Sarana Informatika tetap menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah Pengabdian Masyarakat.

Saat ini pelaksanaan pengabdian belum dimungkinkan untuk dilakukan secara langsung, untuk itu dilaksanakan secara secara daring atau online yang bersifat tutorial. Pengabdian kali ini dilakukan di Panti Asuhan Bina Insan Mandiri Jl. WatesKm 10 Argomulyo Sedayu pada hari minggu 17 Mei 2020 melalui daring dengan peserta pengelola dan anak panti asuhan dengan tema Tutorial Pembuatan Dough Pizza Mini Daun Bayam adapun bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Dough Pizza Mini Daun Bayan 200 gram tepung terigu protein tinggi, 100 gram tepung terigu protein sedang, 40 gram gula pasir, 1 butir kuning telur, 6 gram ragi instan, ½ sdt garam, 60 gram Salted butter/ margarine, 150 ml Air dingin dan untuk topping saus tomat, mayonnaise, keju parut/ mozzarella, sosis sapi/ daging cincang, bawang Bombay, oregano, bayam petik daunnya.

Proses pembuatan yang pertama dapat dilakukan dengan campur semua bahan kering, aduk rata, tuang kuning telur dan air dingin perlahan sambal terus dikocok menggunakan mixer spiral sampai kalis.

Tuang air secukupkan supaya tidak terlalu lembek. Tambahkan garam dan margarine sambil terus dikocok sampai rata dan elastis, tutup dengan serbet basah. Fermentasikan kurang lebih 30 menit sampai adonan mengembang. Ambil adonan dan timbang adonan masin- masing 30 gr dan bulatkan. Taruh di dalam Loyang yang sudah diolesi margarine.

Pipihkan ke samping beri saos tomat, ratakan tambahkan dengan toping. Terakhir taburi dengan oregano dan bawang Bombay cincang. Diamkan sekitar 30 menit sampai mengembang. Panggang adonan selama 10-12 menit dengan panas oven 190- 200o C sampai matang.

Harapan kedepannya peserta Pengabdian ini dapat membuat Pizza dan dapat menghasilkan keuntungan sehingga ekonomi meningkat baik untuk dirinya sendiri maupun untuk panti (Citra Unik Mayasari)

Related Posts

Terkini

Sponsor