Apresiasi Budidaya Ikan Air Tawar Sistim Bioflok, Danrem 071/Wijayakusuma.

 

Pekalongan, Kabarjoglo.com – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Syafrudin, S.I.P bersama Ketua Persit Kartika Candra Kirana Koorcab Rem 071/WK didampingi Kasi Intel Rem 071 dan Kasi Ops Rem 071 mengadakan kunjungan kerja di Kodim 0710/Pekalongan, pada hari Kamis (9/7/2020).

Dalam kunjungannya selain untuk bertatap muka langsung dan memperkenalkan diri sebagai Komandan Korem 071 yang baru kepada prajurit dan persit Kodim 0710/Pekalongan, juga untuk melihat sarana dan prasarana serta bangunan yang ada dilingkungan Makodim.

Salah satu yang menjadi perhatian dari Komandan Korem 071 adalah budidaya ikan air tawar (ikan nila) yang telah dikembangkan oleh Kodim 0710/Pekalongan, yang bertempat di depan lapangan apel Makodim setempat.

Disela-sela kunjungannya, Kolonel Inf Lagan menyempatkan diri untuk melihat secara langsung budidaya ikan air tawar yang dikembangkan dengan _sistim Bioflok_ dan berkesempatan memberi makan pada ikan-ikan tersebut.

“Budidaya ikan ini sangat bagus dan bisa dikembangkan ditempat lain, sangat menginpirasi”, ungkap Danrem.

Seperti diketahui bersama, bahwa saat ini Kodim 0710/Pekalongan memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit untuk ditanami sayuran dengan menggunakan sistem Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL), dan budidaya ikan nila dengan _sistem bioflok_.

_Bioflok_, yang merupakan kumpulan dari berbagai organisme baik bakteri, jamur, protozoa, ataupun algae yang tergabung dalam sebuah gumpalan (floc). Bioflok ini berasal dari kata “BIOS” yang artinya kehidupan dan “FLOC” yang berarti gumpalan.

Budidaya ikan dengan sistem bioflok ini merupakan teknik pemeliharaan ikan dengan memaksimalkan jumlah tebar ikan nila pada wadah terbatas, dimana airnya dikondisikan menjadi kaya _mikroorganisme._

Saat ini ada sekitar 1.000 ekor ikan nila yang dibudidayakan dengan 4 media _bioflok_ yang dibuat, dengan masing-masing satu _bioflok_ berisi 250 benih ikan nila.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan