Kasdam IV/Diponegoro Lakukan Peninjauan Pelaksanaan TMMD ke – 111 di Kodim 0735/Surakarta

 

Surakarta, KabarJoglo.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu program Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan kementerian, lembaga pemerintahan non kementerian, POLRI, pemerintah daerah beserta seluruh komponen masyarakat, TMMD ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan fisik, khususnya di daerah – daerah yang belum terjangkau pembangunan, rawan bencana, daerah perbatasan, wilayah pasca konflik dan wilayah perkotaan yang kumuh.

Penandatanganan naskah penyerahan kegiatan TMMD Reguler ke-111 dari Walikota Surakarta yang diwakilkan Sekda Kota Surakarta Ir. Ahyani M.A. kepada Komandan Kodim 0735/Surakarta, Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, SE, MDS. (Foto/ist)

Terkait hal tersebut, Pada tanggal 15 Juni 2021 lalu TMMD Reguler ke – 111 resmi dibuka ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan kegiatan TMMD Reguler ke-111 dari Walikota Surakarta yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ir. Ahyani M.A. kepada Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji SE, MDS.

Dandim menjelaskan untuk kegiatan TMMD Reguler kali ini Kodim 0735/Surakarta memiliki dua sasaran yang dikerjakan, yakni sasaran Fisik yang meliputi pembangunan talud di Sungai Brojo RW 3, Kelurahan Pajang, dengan panjang 40 meter, tinggi 5 meter, luas atas 50 cm, lebar bawah 100 cm, pemasangan paving sepanjang 112 meter, lebar utara 2 meter, lebar selatan 3 meter, Pembuatan 1 unit Gazebo dan Papan Informasi lokasi bank sampah warga RW 3, serta rehab/renovasi 5 unit Rumah Tak Layak Huni (RTLH) dan sasaran Non fisik yang meliputi sosialisasi dan penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penanaman Nilai-Nilai Ideologi Pancasila, pencegahan penyalahgunaan narkoba, mitigasi bencana kebakaran dan banjir, Keluarga Berencana, posyandu, posbindu dan stanting, pencegahan dan penanganan Covid – 19 ‘jogo tonggo’, sanitasi lingkungan perumahan dan pengolahan air limbah domestik, serta pemanfaatan sampah

Penyambutan Kedatangan Kasdam IV/Diponegoro di Makodim 0735/Surakarta. (Foto/ist)

Dalam rangkaian kegiatan TMMD ke – 111, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono didampingi Waaster Kasdam IV/Diponegoro Letkol Kav Hendry R. J. Napitupulu S.Sos, M.I.Pol, dan Wakapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Muchlis Gasim, SH, M.Si, lakukan kunjungan kerja di Makodim 0735/Surakarta dalam rangka meninjau pelaksanaan TMMD Reguler ke – 111 di Songgalan RW 3, Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Senin (12/07/2021)

Kedatangan Kasdam IV/Diponegoro beserta rombongan di Makodim 0735/Surakarra disambut baik oleh Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata Sempana Aji, SE, MDS beserta staf, Kasiter Korem 074 /Warastratama Letkol Caj Drs. Achsin M.Si, Dandenpom IV/4 Surakarta Mayor Cpm Ahmad Suraidy, SH, MH, dan Lurah Kelurahan Pajang Priadi.

Kasdam IV/Diponegoro bersama rombongan saat meninjau Kegiatan TMMD ke – 111 di Kelurahan Pajang. (Foto/ist)

Dalam kesempatan Kasdam IV/Diponegoro menyampaikan bahwa “Kegiatan ini dalam rangka peninjauan pembangunan TMMD, karena hari Rabu nanti akan selesai dan hasilnya akan di serahkan kepada pemerintah daerah, selanjutnya akan digunakan masyarakat. Menurut laporan dandim, bahwasanya pekerjaan ini dapat berjalan dengan lancar, walaupun kita lihat saat ini kondisi pengerjaan belum 100% selesai terutama talutnya, tetapi dandim dan lurah sudah melaporkan dan meyakini bahwa hari Rabu besok akan selesai semua termasuk pembuatan Gazebo dan Bank Sampah” terang Kasdam

Selanjutnya Kasdam juga menambahkan “diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa terus terlaksana, sehingga dapat bermanfaat dan menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat, karena kita ketahui bahwa masih banyak lingkungan kumuh di wilayah perkotaan, sehingga diharapkan masyarakat sadar bagaimana cara mengelola sampah dengan baik sehingga tidak mencemari lingkungan. Tak hanya itu diharapkan masyarakat juga bisa menjaga dan merawat hasil dari TMMD ini” tegas Kasdam

Di akhir kata Kasdam menegaskan untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat supaya selalu memperhatikan Prokes “demi kebaikan bersama, kita harus selalu menjaga prokes supaya wabah ini segera berakhir” tutup Kasdam. (Rafael/r)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan