Hari ini : Selasa, 21 September 2021 03:16

KKN Univet Bantara Sukoharjo : Dobel Masker Untuk Kita


SOLO – Pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia sejak bulan Maret 2020 yang mengakibatkan banyak perubahan terhadap kehidupan masyarakat termasuk pemakaian masker yang harus selalu dipakai. Melihat semakin banyaknya varian virus Covid-19 yang lebih ganas dan meningkatnya kasus masyarakat terkena virus Covid-19. Kemenkes RI menganjurkan untuk memakai masker dobel kepada seluruh rakyat Indonesia.

Penggunaan masker dobel dapat meningkatkan kualitas filtrasi dan kerapatan yang berarti dapat memberikan proteksi yang lebih tinggi daripada penggunaan satu masker. Cara penggunaan masker dobel dengan memakai masker medis terlebih dahulu, lalu memakai masker kain untuk lapisan luar.

Penggunaan masker dobel ini masih sering diabaikan bahkan masih ada yang memakai masker dengan salah seperti dibawah hidung, diletakkan di dagu. Oleh karena itu, Briegita Friesca Auliena mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dengan tema “Mahasiswa Jaga Lingkungan” dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan Ibu Nur Ani, SKM., M.KKK membuat program pembagian APD (masker kain dan masker medis) dan penggunaan yang benar.

Sasaran kegiatan ini sendiri adalah masyarakat Desa Pucangsawit Rt 04/Rw 01, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.Tujuan kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat pentingnya memakai masker dobel dan menggunakan masker setiap kegiatan, serta memberitahukan penggunaan masker yang benar.

Kegiatan ini dilakukan pada Kamis (02/09/2021) secara door to door kepada masyarakat. Selain membagikan masker, mahasiswa juga memberikan penjelasan tentang penggunaan masker dobel yang benar dengan brosur yang diberikan dengan masker dan penjelasan secara singkat. “Saya ingin mengingatkan masyarakat desa bahwa masker dobel ini penting dan mudah dilakukan serta memiliki manfaat untuk mencegah terkena virus Covid-19 yang lebih efektif” ujar Briegita

Masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini menerima kegiatan ini dengan senang hati dan masker yang diberikan bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. “Saya tahu kalau ada anjuran untuk memakai masker dobel tapi jarang dilakukan. Soalnya pakai masker kain lebih murah dan bisa dicuci lagi gak perlu dibuang-buang” ujar Risa salah satu warga.

Adanya kegiatan ini, diharapkan kedepannya warga lebih sadar akan penggunaan masker dan selalu menggunakan masker setiap keluar rumah atau melakukan kegiatan, serta menggunakan masker dengan benar setiap saat. Selain itu, bisa mencegah penularan virus Covid-19 dengan lebih efektif.

Related Posts

Terkini

Sponsor