Hari ini : Selasa, 21 September 2021 03:43

HEMAT DITENGAH PANDEMIC COVID-19, MAHASISWA KKN UNIVET SULAP EMBER BEKAS MENJADI TEMPAT CUCI TANGAN

Sukoharjo – Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi kita semua, hingga saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19 atau coronavirus. Kebersihan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan di tengah pandemic karena virus ini bisa menular melalui tangan yang terkontaminasi. Tangan yang tidak dibersihkan atau dicuci setalah terkontaminasi dapat menularkan virus saat menyentuh bagian mulut, mata dan hidung. Hal ini membuat kebersihan tangan menjadi hal yang perlu diperhatikan, maka pasalnya setelah memegang benda ditempat umum atau setalah berjabat tangan kita harus disiplin mencuci tangan.

Selama pandemic Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah mulai menerapkan kebiasaan baru yaitu salah satunya kebiasaan mencuci tangan. Mencuci tangan dengan benar mampu memutus rantai penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, Andi Setiawan, program studi Teknik Sipil Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dengan Dosen pembimbing Lapangan Tantin Pristyawati,S.T,MT. melalui kegiatan KKN di Desa Sampangan RT 01/09 Alasombo, Weru, Sukoharjo.

Dengan membuat tempat pencucian tangan dari ember bekas. Pemilihan penggunaan ember bekas sebagai tempat cuci tangan ini karena dapat dibuat dengan mudah dan tidak perlu memerlukan biaya yang mahal sampai membuat kantong sobek dan sakit kepala. Tempat cuci tangan ini dibuat dari ember bekas cat yang kemudian diberi lubang dibagian sisi bawah tubuh ember lalu pasangkan kran di lubang ember menggunakan lem dan jika sudah terpasang maka tinggal isi air ke dalam ember bekas cat tersebut. Ember bekas yang sudah jadi tersebut kemudian diletakkan di halaman rumah warga.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk realisasi program kerja mahasiswa KKN. Maka dengan adanya pembuatan pencucian tangan dari ember bekas tersebut diharapkan dapat membangkitkan kesadaran masyarakat akan hidup bersih, baik itu secara pribadi dan lingkungan. Karena dengan hidup bersih, secara tidak langsung bisa menjauhkan kita dari serangan berbagai penyakit corona yang kini tengah mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia

Related Posts

Terkini

Sponsor