Hari ini : Minggu, 5 Desember 2021 12:07

Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Lolos KSN Nasional

Solo – SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta berhasil meloloskan siswanya dalam ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional tahun 2021 bidang Matematika. Adalah Dzaky Aulia Fadhil, siswa kelas 9, siap mewakili Jawa Tengah dalam kancah KSN tingkat nasional pada November.

Muhdiyatmoko, Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengapresiasi dan sangat bangga atas siswanya yang dinyatakan lolos. Hal itu berdasarkan informasi berdasarkan surat keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 2458/j3/DM.01/2021 tentang penetapan peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional jenjang SMP tahun 2021 per 18 Oktober 2021.

“Kami secara kelembagaan sangat bersyukur dan mengucapkan selamat atas kemenangan yang diperoleh Ananda Dzaky. Kami yakin dengan ikhtiar dan doa yang dilakukan akan mendapatkan hasil terbaik. Ananda Dzaky itu siswa yang memiliki komitmen kuat dan cerdas,” jelasnya.

Sementara itu, Dzaky Aulia Fadhil, siswa yang lolos KSN tingkat nasional tersebut mengaku senang karena perjuangan dan doa selama ini membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Ia menceritakan pengalaman mengerjakan soal KSN tingkat provinsi kemarin yang tidak menemukan kendala. “Terdapat sepuluh soal isian singkat seputar geometri, aljabar, dan sebagainya. Ada beberapa yang sulit, tetapi saya berusaha untuk bisa menyelesaikan dalam waktu 90 menit,” ceritanya.

Untuk mempersiapkan kompetisi ini, Putra dari Oka Setiawan dan Ambar Widhi Hapsary yang tinggal di Cemani Baru, Grogol, Sukoharjo tersebut berupaya akan meningkatkan pola dan gaya belajar. Ia mengaku setiap hari belajar dengan durasi rata-rata 4 jam untuk berlatih soal-soal KSN. Soal-soal biasanya didapatkan dari internet dan guru di sekolah.

Selain itu, Dzaky (sapaan akrab) juga mempersiapkan mental dan motivasi diri untuk meraih kemenangan kelak saat KSN tingkat nasional. Menurutnya, Matematika itu asyik karena mendapatkan banyak tantangan untuk diselesaikan. “Matematika itu asyik dan menantang, Saya harap saya bisa terus maju untuk bisa membawa nama baik pribadi dan sekolah serta membanggakan orang tua,” jelas remaja yang bercita-cita menjadi teknisi pesawat seperti Pak Habibie.

Sebelumnya, Dzaky Aulia Fadhil juga meraih prestasi-prestasi internasional antara lain prestasi gold award, grade 8 dalam kegiatan International Mathematics Contest Singapore 2021 Paralel, Agustus 2021 dan Meraih Great Honorable of Mathematics Olympiad dalam kegiatan ASEAN Students Science Olympiad Agustus 2021.

error: Content is protected !!