Hari ini : Minggu, 5 Desember 2021 13:00

Melalui Inisiasi Pameran Nasional Seni Visual MGMP Seni Budaya 2021, FSRD ISI Surakarta Rangkul Guru Seni Budaya

Solo-Agenda ramah tamah dengan beberapa wakil guru MGMP Seni Budaya Solo Raya yang juga sebagai peserta pameran, disela-sela pembukaan pameran yang diterima oleh jajaran pimpinan fakultas, ketua jurusan, dan panitia berlangsung akrab dan sekaligus ramah tamah menyikapi permasalahan seputar dunia pendidikan khususnya bidang seni budaya.

Sementara pertemuan yang dipimpin oleh Much. Sofwan Zarkasi, S.Sn., M.Sn selaku WD I FSRD ISI Surakarta di Gedung Dekanat Lt. 2 Kampus Mojosongo pada Senin, 1 Nopember 2021 ini untuk kedepannya agar ada bentuk MoU maupun MoA sehingga semua program kegiatan bisa selaras dan sejalan serta dapat bermanfaat bagi semuanya.

Dari diskusi terbatas ini banyak sekali bahan program kegiatan untuk ditindaklanjuti lebih intens, seperti workshop, pelatihan, pameran, kunjungan siswa dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kerjasama baik antar sekolah maupun dengan pihak kampus.

Rintisan kerjasama ini diawali dengan mengundang dari beragam karya ditayangkan dalam pameran yang merupakan inisiasi dan apresiasi terhadap guru seni budaya dari berbagai jenjang dari SD, SMP, dan SMA/SMK melalui yang menghadirkan 40an karya yang lolos kurasi dari 100 peserta yang berasal dari 11 propinsi di Indonesia, dimana dikuratori oleh A. Sudjud Dartanto, S.Sn. M.Hum dari Galeri Nasional.

Pameran yang diselenggarakan baik daring maupun luring ini akan dilaksanakan pada 1 – 10 November 2021 (pameran offline), sedangkan untuk pameran online dimulai 1 – 30 November 2021.

Bagian dari event Prabangkara Award 2021 yaitu Pameran Kompetisi Karya Terbaik Mahasiswa FSRD ISI Surakarta, untuk tahun ini juga dilaksanakan berupa Pameran Nasional Seni Visual MGMP Seni Budaya 2021, dimana 40an asal peserta dari guru diantaranya dari Jabar, Jateng, Jatim, Yogyakarta, Jakarta, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bali, dan Kalbar yang lolos kurasi untuk berpameran secara online.

Pameran online dapat disaksikan pada platform media sosial seperti IG, Youtube dan Web Galeri Prabangkara Award 2021, sedangkan untuk lokasi penyelenggaraan pameran sendiri akan menggunakan Gedung Galeri dan Museum FSRD ISI Surakarta dengan tetap mematuhi prokes.

Menurut Bening Tri Suwasono, S.Sn., M.Sn selaku wakil ketua panitia Prabangkara Award 2021 menjelaskan bahwa dengan adanya pertemuan ini selaras dengan upaya mengundang guru MGMP Seni Budaya se Indonesia untuk berkarya dan berpameran sebagai bagian dari meningkatkan kompetensi dan berjejaring antar sesama pendidik serta perguruan tinggi seni, khususnya ISI Surakarta tentunya.

error: Content is protected !!