Hari ini : Senin, 29 November 2021 09:18

Kodim 0735/Surakarta Ikuti Apel Kesiap Siagaan Bencana Alam Kota Surakarta Tahun 2021

Surakarta – Bertempat di Halaman Balaikota Surakarta Jl.Jend Soedirman No. 02 Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Pasarkliwon Anggota Kodim 0735/Surakarta mengikuti Apel bersama kesiap-siagaan bencana Alam pemerintah kota Surakarta yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai penanggung jawab kegiatan Ir. Ahyani MA (Sekda kota Surakarta) yang diikuti ± 200 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Wakil Walikota Surakarta Drs. Teguh Prakoso MM, Sekda kota Surakarta Ir. Ahyani MA, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade S Simanjuntak SIK. MSi, Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono, S.E., M.Si, dan tamu undangan lainnya.

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang memimpin langsung pelaksanaan Apel tersebut dalam sambutannya menegaskan memasuki musim penghujan saat ini diperlukan tindakan antisipasi ekstra karena bencana bisa terjadi secara tidak terduga. Potensi bencana yang sering terjadi di Kota Solo antara lain banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Untuk itu, Apel Kesiapsiagaan ini digelar untuk melihat sejauh mana,kesiapan dari pihak-pihak yang bersinggungan dengan upaya mitigasi bencana baik dari sisi sumber daya manusia maupun sarana prasarana pendukungnya.”tegasnya.

“Kota Surakarta akan mengupayakan solusi untuk membantu memperbaiki talut dan membantu melihat hal tersebut, khususnya untuk korban rumah roboh akibat longsor maupun hujan, Pemerintah pembiayaan renovasi rumah. Oleh karena itu, saya sangat berharap kepada seluruh stakeholder untuk, meningkatkan koordinasi, mempercepat komunikasi dalam menangani kebencanaan, serta saling menjaga kesiapsiagaan termasuk memastikan peralatan pendukung selalu siap setiap saat. Selain itu, diperlukan respon cepat antara pemerintah, perguruan tinggi, SAR, relawan, media massa dan masyarakat dalam memberikan informasi seputar kejadian bencana agar penanggulangannya dapat berjalan cepat, tepat, efisien dan efektif.”tegasnya.

“Dalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada TNI, POLRI, OPD yang membidangi Trantibum Linmas, SAR, serta relawan yang selalu siap siaga dalam mitigasi bencana di Kota Solo.
Terakhir, saya berharap upaya mitigasi bencana ini dapat dimaksimalkan terlebih untuk mengajak seluruh warga Kota Solo agar lebih peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana.”pungkasnya.

(Arda 72)

error: Content is protected !!