KKN Univet Menuju Sukoharjo Bebas COVID-19

 

Sukoharjo, Kabarjoglo.com – Kuliah Kerja Nyata Mandiri yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara sudah berjalan selama 30 hari. Hal ini ditandai dengan mulai dilakukannya publikasi 15 hari yang kedua terkait progress KKN yang dilakukan oleh mahasiswa di beberapa platform media sosial maupun cetak. Rabu (02/03/2022).

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Rudita Indah Nugrahani kembali melakukan publikasi kedua KKN mandirinya. Bila pada publikasi pertama, Rudita melaporkan terkait program utama RCU. Di publikasi kedua ini sudah ada beberapa program kerja, terutama program kerja penunjang yang sudah berhasil dilaksanakan.

Program kerja penunjang tersebut diantaranya ada pembudidayaan ikan lele milik warga, dimana Rudita memberikan bantuan terkait pembudidayaannya sesuai dengan arahan pembudidaya. Kemudian juga penempelan poster di beberapa area di lingkungan Gunungsudo rt 02/07. Penempelan masker ini sejalan dengan kembali naiknya kasus COVID-19 di Indonesia dengan varian terbaru yaitu omicron.

Selain karena naiknya kasus COVID-19, Rudita juga menjelaskan bahwasanya “Di daerah saya itu, dibilang sudah taat ya sudah, tapi belum setaat itu.” ketika ditanyai alasannya berkata seperti itu, Rudita kembali menjelaskan, “Biasanya warganya pakai masker kalau bepergian jauh seperti kepasar, tapi kalau kewarung dekat rumah ke sawah bahkan ketempat orang punya acara saja masih banyak yang gak pakai masker, cuci tangan juga gak, bergerombol malah sering.” ucapnya.

Dirinya merasa prihatin dan khawatir, sehingga kemudian berinisiatif untuk menempelkan poster terkait, sebagai bentuk sosialiasi, dan pengingat warga mengenai COVID-19 dan varian terbarunya, Omicron. Sehingga dapat mengajak warga untuk kembali waspada tentang COVID-19 setelah sempat menurun beberapa waktu yang lalu.

Ditanyai terkait kegiatan RCUnya, Rudita mengaku senang dengan antusiasme dari anak anak didaerahnya. Bahkan Rudita menambahkan “terkadang saya sampai kuwalahan, janjinya jam setengah dua, tapi jam satu sudah standby.” tambahnya.

Hal ini yang juga membuat Rudita merasa sayang untuk mengakhiri KKN mandiri ini. Seperti yang sudah dijadwalkan oleh Rudita dalam rencana program kerjanya, Rudita akan mengakhiri program RCU pada minggu ke-5 KKN mandiri atau pada akhir minggu ini. Penutupan RCU ini akan ditandai dengan diadakannya program kerja penunjang yaitu lomba mewarnai. Terkait waktu yang masih tersisa sebelum penarikan KKN mandiri akan dimanfaatkan untuk melaksanakan program kerja penunjang yang belum terlaksana. -R

Pos terkait

Tinggalkan Balasan