Mahasiswa KKN UNIVET Mengajak Ibu-Ibu Senam Sehat Sebagai Upaya Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Solo – Virus Covid-19 merupakan virus yang menyerang imunitas tubuh seseorang. Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sistem kekebalan tubuh yang dirancang untuk mendeteksi ataupun menghancurkan bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh manusia. Di masa pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk selalu meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terpapar virus covid-19. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan mengkomsumsi sayur dan buah, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta olahraga secara teratur.

Berdasarkan masalah tersebut, Puput Lutfi Nur’Ani salah satu Mahasiswi dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang menjalankan KKN secara mandiri di lingkungan tempat tinggalnya yang berlokasi di Puspan Rt 01 / Rw 05 Kelurahan Tipes, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta. KKN Mandiri yang dilaksanakan selama 45 hari, dimulai dari tanggal 1 Februari-17 Maret 2022. Adapun salah satu program yang dilaksanakan oleh puput dalam pelaksanaan KKN adalah Mangajak Ibu-Ibu Senam Sehat sebagai upaya menjaga imunitas tubuh di Masa Pandemi Covid-19.

Senam sehat ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Mahasiswi KKN UNIVET untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19 dengan meningkatkan imunitas tubuh dimasa Pandemi Covid-19. Kegiatan senam sehat ini dilaksanakan di Halaman Kelurahan Tipes pada pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Urutan gerakan dalam senam adalah pemanasan, dilanjutkan gerakan inti dan diakhiri pendinginan. Gerakan pemanasan dilakukan untuk mempersiapkan tubuh agar terhindar dari resiko cidera kecil. Gerakan inti gerakan dasar yang kemudian dibuat sendiri koreografinya sesuai dengan irama yang digunakan sebagai pengiring. Gerakan pendinginan ini merupakan gerakan melemaskan atau merilekskan otot dan organ tubuh.

Ibu-Ibu sangat Semangat dan antusias meluangkan waktunya ditengah kesibukan dan rutinitas kesehariannya untuk mengikuti kegiatan senam sehat ini. Pada kegiatan senam ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak. Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan