Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Menjalankan RCU Kepramukaan di Dusun Ngrantan

 

Sukoharjo – Anggita Putri Wahyuningtyas, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD) FKIP Univet Bantara Sukoharjo melaksanakan KKN Mandiri di Desa Kadokan, Dusun Ngrantan Rt 01 Rw 01, Kelurahan Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo . Mulai tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 17 Maret 2022.

Program kerja yang sudah dijalankan Anggita dalam 15 hari ketiga ini salah satunya yaitu Kepramukaan.Di masa Pandemi Covid 19 saat ini untuk memutus rantai penyebaran covid 19 Pemerintah menetapkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara Daring. Pembelajaran daring ini menimbulkan banyak problema salah satunya menurunya kreativitas dan karakter anak terutama di sekolah dasar.

Kegiatan pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler wajib disekolah, akan tetapi dikarenakan pandemi saat ini kegitan pramuka dihentikan.

Dalam kesempatan KKN ini Anggita mengajarkan anak-anak mengenai materi dasar kepramukaan dengan tujuan anak-anak dapat lebih mengenal mengenai kegiatan pramuka seperti lambang pramuka, tali temali dll. Pramuka tidak hanya mengenai materi saja akan tetapi belajar sambil bermainan yang dapat menimbulkan keaktifan, kreativitas, karakter anak itu sendiri

Hal ini mendapat respon yang sangat positif dari anak maupun orang tua. Karena orang tua sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Anak juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat saat  proses kegiatan berlangsung. anak terlihat senang dan antusias untuk bertanya dan menyimak penjelasan materi.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pramuka yang dilakukan Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara dapat membatu menumbuhkan kreativitas,karakter dan keaktifan anak dimasa pandemi saat ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan