Setukpa Angkatan ke-26 Laksanakan Latganda di Pacitan

 

Surakarta – “Motto tetap semangat, badai pasti berlalu, harus selalu ada dalam setiap jiwa para siswa sehingga tujuan latihan dapat tercapai”.

Demikian yang dikatakan Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsekal Pertama TNI Agus Setiawan, S.T. yang bertindak selaku Inspektur Upacara pada pembukaan Latihan Berganda Sekolah Pembentukan Perwira (Latganda Setukpa) Angkatan ke-26, di Lapangan Setukpa Lanud Adi Soemarmo. Senin (21/3).

Upacara yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut dihadiri oleh Komandan Setukpa, para Kepala Dinas dan para Komandan Skadik jajaran Lanud Adi Soemarmo.

Komandan Lanud Adi Soemarmo dalam amanatnya mengatakan bahwa latihan berganda merupakan puncak kegiatan praktek lapangan bagi siswa Setukpa angkatan ke-26 untuk menguji kemampuan dan keterampilan di medan latihan yang mendekati sebenarnya, dengan menerapkan pelajaran teori serta praktek kemiliteran.

“Sedangkan sasaran latihan berganda ini adalah agar siswa memiliki keterampilan perorangan dan kelompok sebagai calon perwira TNI AU di bidang kemiliteran, serta sebagai sarana untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang telah diberikan”, lanjutnya.

Danlanud juga menyampaikan bahwa indikator keberhasilan dalam suatu latihan adalah apabila semua unsur latihan dapat terpadu dan saling bekerja sama, semua materi dapat dilaksanakan dengan baik sesuai tujuan dan sasaran latihan yang telah ditetapkan. Untuk itu, semua unsur yang terkait harus memberikan kontribusi yang sebaik-baiknya secara maksimal demi suksesnya latihan tersebut.

Selanjutnya untuk memperoleh hasil maksimal dari latihan berganda ini, Danlanud berpesan kepada para siswa, agar melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat. “Patuhilah semua prosedur yang berlaku dengan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan latihan serta tetap menjaga kesehatan”, pungkasnya.

Untuk menyikapi penyebaran Covid-19 yang sedang melanda saat ini Danlanud menekankan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga kegiatan latihan dapat tetap tercapai.

Latihan berganda Setukpa Angkatan ke-26 berlangsung di wilayah Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan dari tanggal 21 sampai dengan tanggal 26 Maret 2022 dan diikuti sebanyak 174 siswa, yang terdiri dari 161 orang siswa pria dan 13 orang siswa wara.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan