TINGKATKAN PRESTASI PERGURUAN TINGGI MELALUI PENGUATAN SISTEM MANAGEMEN, RISET-INNOVASI DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL

 

Solo, Kabarjoglo.com -Hari ini merupakan puncak peringatan Dies Natalis UNIBA Surakarta ke-39. Puncak peringatan Dies Natalis ini ditandai dengan dilaksanakannya Orasi Ilmiah, setelah sebelumnya melalui serangkaian acara peringatan Dies Natalis. Orasi Ilmiah dilaksanakan secara hybrid. Pelaksanaan Orasi Ilmiah secara luring digelar di Aula Sidoluhur UNIBA Surakarta, Selasa, (26/7/22) pagi.

Bacaan Lainnya

Orasi Ilmiah pada kesempatan kali ini dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc. Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc.adalah Peneliti Utama Pusat Riset Teknologi Pengujian dan Standar, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala BSN/KAN pada tahun 2012-2020. Pada kesempatan kali ini, Prof. Bambang Prasetya mengangkat tema ”Strategi Peningkatan Prestasi Perguruan Tinggi melalui Penguatan Sistem Managemen, Riset-Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Digital”

Acara Orasi Ilmiah yang diselenggarakan di Aula Sidoluhur UNIBA Surakarta tersebut memaparkan mengenai strategi-strategi yang bisa dilaksanakan untuk melakukan percepatan peraihan prestasi Perguruan Tinggi. Tidak dapat dipungkiri, di era digital saat ini perkembangan serta persaingan antar perguruan tinggi semakin ketat, sehingga perlu dirancang strategi-strategi khusus.

Adanya Orasi Ilmiah ini merupakan suatu bentuk komitmen UNIBA Surakarta dalam hal memaparkan materi-materi ilmiah. Sebelum pemaparan Orasi Ilmiah didahului dengan Pidato Dies Natalis Ke-39 dan Laporan Tahunan Rektor Universitas Islam Batik Surakarta oleh Rektor UNIBA Surakarta.

Pemaparan orasi ilmiah disampaikan dengan penekanan pada pemanfaatan potensi yang dimiliki saat ini. Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya adalah kunci kesuksesan suatu bangsa. Tidak hanya pada SDA tapi harus berfokus pada optimalisasi Sumber Daya Manusia. Melalui SDM yang unggul dan pengelolaan yang baik akan mampu mengolah sumber daya alam menjadi produk yang bernilai tinggi dan diperlukan masyarakat yang pada akhirnya dapat dapat menopang kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Pengembangan IPTEK melalui riset, inovasi perlu selalu untuk dikembangkan dan memanfaatkan teknologi mutakhir seperti teknologi digital yang sudah berkembang pesat. Peran Perguruan Tinggi menjadi sentral untuk menciptakan lulusan yang handal dan berkarakter unggul. Untuk itu perguruan tinggi perlu melakukan perbaikan secara berkelanjutan (continous improvement) dengan memperbaiki sistem managemen pendidikan yang mampu mendorong proses inovasi untuk mencapai prestasi yang terbaik. Dalam ini langkah dan parameter untuk menjadi WCU dapat dijadikan menuju perguruan tinggi yang berprestasi dan unggul.

Orasi Ilmiah yang dihadiri oleh kalangan akademisi, praktisi, serta dari pihak pembuat regulasi ini diharapkan mampu menjadi landasan untuk melakukan sinergi dalam pencapaian Visi UNIBA Surakarta. Sinergi yang baik dan kuat antara UNIBA Surakarta dengan para pemangku kepentingan diharapkan mampu percepatan transformasi untuk menggapai prestasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan