ADIMAS NGURI-URI ADAT JAWA MELALUI WORKSHOP HAMICARA ING TATACARA ADAT JAWI

 

Solo,Kabarjoglo – Yayasan Adiasa Makmur Sentosa (AdiMaS) Kabupaten Sukoharjo hari ini menyelenggarakan kegiatan perdana setelah pelantikan bulan Juli kemarin berupa workshop. Workshop hamicara ing tatacara adat jawi ini dilenggarakan oleh bidang Forum Komunikasi Profesional yang ditujukan kepada seluruh pengurus dan anggota Yayasan AdiMaS Kabupaten Sukoharjo.

Workshop dihadiri oleh 86 peserta dengan pembicara Kanjeng Raden Tumenggung Taukhid Amirul Mukminin, S.S., M.P.d guru SMAIT Nur Hidayah Kartasura.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan ketua panitia Afif Hasbi Bustomi, S.Pd., M.Pd. yang disampaikan dalam Bahasa Jawa.Afif menyampaikan ucapan Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berkenan hadir dan berpartisipasi pada kegiatan ini.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Umum Yayasan AdiMaS Supriyanto, S.Pd. yang menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara karena telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan jumlah peserta yang banyak. Supriyanto juga menyampaikan setelah kegiatan ini seluruh peserta dapat mengaplikasikan ilmu dan ketrampilannya dimasyarakat sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Materi inti disampaikan oleh KRT. Taukhid Amirul Mukminin, S.S., M.P.d yang menyampaikan tentang pentingnya mempelajari Bahasa jawa sebagai orang Jawa karena Bahasa Jawa sekarang sudah mulai luntur. Taukhid juga menyampaikan jenis pidato Bahasa jawa dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika menjadi pembicara serta penyebutan kosakata dalam Bahasa Jawa.

Setelah penyampaian materi peserta membentuk kelompok yang terdiri dari 4 orang untuk masing-masing praktik menjadi pembicara sesuai contoh jenis pidato selama 30 menit. Workshop dilanjutkan dengan praktik secara langsung di depan seluruh peserta workshop dari 4 contoh pidato oleh masing-masing jenis pidato dipraktikkan 4 orang peserta. Sesi praktik diakhiri dengan penjelasan dari pemateri cara penyebutkan kata-kata yang benar dari teks pidato yang dibacakan.

Acara workshop hamicara ing tatacara adat jawi ini disponsori oleh PT Halal Network Internasional (HNI) dalam bentuk pemberian doorprize bagi yang mendaftar pertama, hadir pertama, dan para peserta yang pidato di depan seluruh peserta.

Seluruh peserta workshop sangat antusias selama mengikuti kegiatan dan siap untuk memperdalam ketrampilan dalam pidato Bahasa Jawa serta siap untuk mengikuti kelanjutan workshop yang sama. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan ke depan dapat diselenggarakan kegiatan serupa dengan diperluas sasaran untuk masyarakat umum.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan