Univet Bantara Adakan Acara Puncak Kegiatan Expo KKN Tematik Periode 1 Tahun 2022/2023

Sukoharjo – KKN Tematik Universitas Veteran Bangun Nusantara ( Univet Bantara) Sukoharjo adakan kegiatan Expo produk-produk hasil karya mahasiswa KKN. Baik dari produk makanan, silase, filter air dan lain-lain. Jumat (23/09/22).

Dalam keterangannya Pranichayudha Rohsulina selaku Ketua KKN Tematik Periode 1 Tahun 2022/2023 menjelaskan “selain kegiatan expo, hari ini juga ada pengumuman pemenang lomba video kreatif. Dimana selama kegiatan baik membuat produk, atau perjalanannya mereka membuat video kreatif yang dikompetisikan, dan hari ini akan ada juara 1,2,3, harapan 1,2,3.” terangnya

Kegiatan expo hari ini diikuti oleh 40 kelompok yang berasal dari 4 kecamatan yaitu Kecamatan Selogiri, Kecamatan Ngargosoyo, Kecamatan Jatiyoso, dan Kecamatan Mondokan. Perlombaan video kreatif ini di nilai dari bagaimana dampak dan testimoni proker KKN dari pejabat setempat dan pengambilan setting lokasi pembuatan video dan lain-lain.

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. turut memberikan tanggapannya mengenai kegiatan Expo KKN Tematik ini. “ Saya turut bangga mahasiswa kkn univet bantara ternyata turut berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat di tempat KKN nya. Produk-produk unggulan yang dibawa untuk expo ini merupakan produk yang telah dibantu oleh mahasiswa KKN dengan pengemasannya lebih menarik, dan mungkin barang yang tidak berguna menjadi barang yang layak dikonsumsi. Ini berkat teknologi dari mahasiswa yang di implementasikan kepada masyarakat.” ujarnya.

Selain menjajakan hasil produk di Expo KKN ini, diumumkan juga pemenang perlombaan video kreatif. Dengan juara 1 dari kelompok Desa Jambangan, Mondokan. Juara 2 dari kelompok Desa Tempelrejo, Mondokan. Juara 3 dari kelompok Desa Nglegok, Ngargoyoso. Juara harapan 1 dari kelompok Desa Segorogunung, Ngargoyoso. Juara harapan 2 dari kelompok Desa Sendangijo, Selogiri. Juara harapan 3 dari kelompok Desa Wukirsawit, Jatiyoso.

“ Saya tidak menyangka bisa menang dari beberapa puluh kelompok yang ada bisa menjadi juara 1. Untuk pengerjaan video nya tidak satu atau dua hari jadi, tapi butuh waktu hampir 2 minggu untuk menyelesaikannya. Jadi sangat terbayarkan sekali dari hasil kerja keras pembuatan video” ujar salah satu peserta pemenang lomba video kreatif dari Desa Jambangan, Mondokan.

Kegiatan Expo KKN Tematik ini merupakan acara puncak dari kegiatan KKN yang sudah dilakukan. Selama 45 hari mahasiswa mengikuti KKN, dan sudah melihat potensi-potensi di desa dan dapat mengembangkan produk-produk yang tepat guna pada wilayah desa masing-masing.

“ Kegiatan KKN ini sangat berdampak bagi masyarakat, ini menunjukkan peran dari perguruan tinggi, bagaimana untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat melalui UMKM.” Imbuh Ketua KKN

Pos terkait

Tinggalkan Balasan